Bacalah teks berikut dengan cermat!

Peristiwa pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, pasukan sekutu dipimpin oleh Brigadir Jenderal Bethel mendarat di Semarang. Namun, kedatangannya diboncengi oleh tentara NICA (Netherland Indies Civil Administration). Tujuan kedatangannya untuk membebaskan para tawanan.

Saat sekutu dan NICA membebaskan tawanan tentara Belanda, para tawanan justru dipersenjatai. Ketegangan dimulai ketika tawanan Belanda bertindak sombong, serta mengabaikan kedaulatan pemerintah dengan terang-terangan berusaha untuk menduduki kembali Indonesia. Hal ini menimbulkan kemarahan rakyat Indonesia sehingga terjadilah pertempuran.

Pejuang Indonesia dipimpin oleh Letnan Kolonel M. Sarbini. Pada pertempuran tersebut, Letnal Kolonel Isdiman gugur sehingga Kolonel Sudirman turun langsung ikut bertempur. Siasat yang dipakai adalah mengadakan serangan serentak dari berbagai jurusan. Pada tanggal 12 Desember 1945 pasukan Indonesia melancarkan serangan serentak ke Ambarawa. Pada tanggal 15 Desember 1945 pasukan sekutu berhasil dibuat mundur kembali ke Semarang. Untuk mengenang pertempuran itu, setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai hari Infanteri dan didirikan monumen Palagan Ambarawa.

Makna kata gugur dalam paragraf ketiga pada teks tersebut adalah ....

A

batal

B

jatuh

C

meninggal dunia

D

runtuh

Pembahasan:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makna gugur adalah mati dalam pertempuran.

Jadi, makna gugur pada teks narasi sejarah tersebut yaitu meninggal dunia (dalam pertempuran).

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.630 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini