Bacalah penggalan paragraf berita berikut!

RS Jiwa Cisarua, Jawa Barat melaporkan mereka menangani ratusan pasien anak-anak berusia 7-15 tahun yang mengalami gangguan kecanduan gawai. "Ada remaja yang menonton YouTube seharian hingga muncul gejala psikologis," tutur sub spesialis kesehatan jiwa anak dan remaja, dr. Lina Budiyanti, kepada detikcom. Padahal kecanduan gawai bisa berdampak buruk pada kondisi fisik dan mental anak. Mudahnya anak mendapat akses teknologi dan internet membuat mereka jadi kecanduan gawai hingga bisa alami masalah mental.


(Sumber: health.detik.com, dengan penyesuaian)


Topik paragraf kutipan berita di atas adalah....

A

kesehatan mental

B

macam-macam media sosial

C

gadget dan media sosial

D

pubertas remaja

Pembahasan:

Topik adalah inti utama dari sebuah tulisan atau bisa dikatakan sebagai pokok pembahasan dari sebuah tulisan. Topik berbeda dengan tema. Tema mencakup garis besar yang lebih luas sedangkan topik lebih mengerucut. Contoh: tema sebuah tulisan adalah pendidikan, sedangkan topiknya adalah pencapaian UN siswa SMP.

Apabila kita mencermati paragraf-paragraf berita tersebut, maka akan didapat satu topik pembahasan yaitu mengenai kesehatan mental dengan subyek anak usia 7-15 tahun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa topik kutipan berita di atas adalah mengenai kesehatan mental.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Berita Unsur-unsur Berita KD3.1
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.001 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini