Bank Soal IPA SMP Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Soal

Pilihan Ganda

Kabupaten Gunung Kidul secara geografis berada dibagian timur provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa daerah di Gunung Kidul, utamanya dataran tinggi, memiliki tanah yang mengandung kapur sehingga sulit untuk menyimpan air tanah.

Akibatnya pada musim kemarau, beberapa desa akan membutuhkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduknya sehari-hari. Akibat pemasokan air tanah yang kurang, penduduk berinisiatif untuk memanfaatkan sumber air lain dengan kualitas air yang lebih rendah. Teknologi ramah lingkungan yang tepat untuk diaplikasikan pada desa-desa di daerah Gunung Kidul tersebut adalah ….

A

penjernihan air dengan prinsip fitoremediasi

B

penjernihan air dengan prinsip osmosis balik

C

penjernihan air dengan prinsip gravitasi bumi

D

penjernihan air dengan prinsip composting toilet

Pembahasan:

Teknologi ramah lingkungan mengaplikasikan teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang. Teknologi ramah lingkungan dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti energi, transportasi, lingkungan, dan industri.

Pada bidang lingkungan, teknologi ramah lingkungan diterapkan dengan mengolah limbah agar tidak berbahaya bagi lingkungan dan limbah dapat menghasilkan produk atau sumber energi baru yang bermanfaat. Beberapa contoh penerapannya adalah teknologi biopori, fitoremediasi, dan penjernihan air baik secara gravitasi maupun osmosis balik (reverse osmosis).

Pada soal disampaikan bahwa daerah-daerah di kabupaten Gunung Kidul, utamanya dataran tinggi, memiliki tanah yang sulit menyimpan air tanah. Hal ini menunjukkan adanya permasalahan lingkungan berupa kebutuhan air bersih untuk dipergunakan masyarakatnya. Air tanah merupakan sumber air bersih dengan kualitas air yang paling baik dibandingkan dengan air permukaan seperti sungai, danau, dan waduk. Namun, kurangnya pasokan air tanah pada daerah tersebut akan mengharuskan penduduknya untuk menggunakan sumber air lainnya. Air permukaan seperti yang disebutkan sebelumnya juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, namun kualitas airnya perlu ditingkatkan agar memenuhi standar yang ditentukan.

Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini adalah adalah teknologi penjernihan air baik dengan prinsip gravitasi maupun osmsis balik. Osmosis balik membutuhkan biaya cukup besar untuk diterapkan, cocok untuk diterapkan di kawasan perkotaan. Sedangkan penjernihan air dengan gravitasi lebih mudah untuk diterapkan dengan biaya rendah, cocok untuk kawasan pedesaan.

Jadi, teknologi ramah lingkungan yang tepat untuk diaplikasikan pada desa-desa di daerah Gunung Kidul tersebut adalah penjernihan air dengan prinsip gravitasi bumi. 

Video
16 Maret 2020
Komponen dan Interaksi Ekosistem
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal