Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menggali Informasi (5W+1H)

Soal

Pilgan

Perhatikan teks berikut dengan saksama.

Hari Kesaktian Pancasila

Setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Sejarah penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila berkaitan dengan peristiwa 30 September 1965. Peristiwa tersebut dikenal juga dengan insiden Gerakan 30 September. Gerakan tersebut merupakan usaha Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk mengganti ideologi Pancasila menjadi komunis.

Namun, usaha yang dilakukan PKI dapat digagalkan dengan perjuangan dan pengorbanan yang tidak main-main. Beberapa perwira angkatan darat harus kehilangan nyawa karena insiden tersebut. Karena besarnya perjuangan dan pengorbanan, sebagai bentuk pengukuhan kesaktian Pancasila, pada tahun 1965, 1 Oktober resmi ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Saat itu, Indonesia dipimpin oleh Presiden Soeharto.

Hingga saat ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila terus dilakukan. Umumnya, pada tanggal 30 September, bendera merah putih dinaikkan setengah tiang. Tujuannya adalah untuk menghormati para perwira angkatan darat yang meninggal pada peristiwa G30S. Sementara itu, pada tanggal 1 Oktober bendera dinaikkan secara penuh.

(Sumber: pikiran-rakyat.com dengan penyesuaian)

Hingga saat ini, setiap tanggal 30 September selalu dikibarkan bendera merah putih setengah tiang untuk ….

A

menghormati para perwira angkatan darat yang meninggal pada peristiwa G30S

B

mempersiapkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada pagi harinya, yaitu 1 Oktober

C

mengenang kejamnya peristiwa Gerakan 30 September yang terjadi tahun 1965

D

mendoakan para pejuang yang gugur pada peristiwa Gerakan 30 September

Pembahasan:

Informasi tentang alasan pengibaran bendera merah putih setengah tiang setiap tanggal 30 September dapat diketahui dari paragraf ketiga kalimat kedua dan ketiga.

Umumnya, pada tanggal 30 September, bendera merah putih dinaikkan setengah tiang. Tujuannya adalah untuk menghormati para perwira angkatan darat yang meninggal pada peristiwa G30S.

Jadi, hingga saat ini, setiap tanggal 30 September selalu dikibarkan bendera merah putih setengah tiang untuk menghormati para perwira angkatan darat yang meninggal pada peristiwa G30S.

Video
03 Juli 2022
Menggali Informasi (5W+1H) | Bahasa Indonesia | Kelas VI
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal