Bank Soal Biologi SMA Siklus Menstruasi

Soal

Pilgan

sumber: google.com

Folikel de Graaf ditunjukkan oleh bagian bernomor ....

A

1

B

2

C

3

D

4

E

5

Pembahasan:

sumber: google.com

Siklus menstruasi dapat dipelajari melalui gambaran fase pertumbuhan dan perkembangan folikel yang terjadi di dalam ovarium, disebut sebagai siklus ovarium. Siklus ovarium terbagi menjadi dua fase secara bergantian, yaitu fase folikel dan fase luteal.

Fase folikel dimulai dari perkembangan folikel primer hingga pembentukan folikel de Graaf yang kemudian robek dan terjadilah ovulasi. Fase folikel dipicu oleh kerja hormon FSH dan ovulasi dipicu oleh hormon LH.

Ketika ovulasi terjadi, oosit sekunder akan dilepaskan dari (1) folikel de Graaf. Folikel de Graaf adalah hasil pematangan folikel primer dan oosit primer yang tumbuh dan berkembang sampai hari ke-14 di dalam siklus menstruasi. Setelah oosit sekunder lepas, folikel de Graaf berubah menjadi korpus luteum sehingga memasuki fase luteal. Korpus luteum akan memproduksi progesteron dan sedikit estrogen. Peningkatan kadar progesteron dan estrogen menyebabkan penurunan jumlah LH dan FSH. Akibatnya, korpus luteum berubah menjadi korpus albikans.

Berdasarkan informasi di atas, jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah nomor 1.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal