Bacalah teks berikut!

Pedoman gizi seimbang kini telah diimplementasikan di Indonesia sebagai upaya realisasi dan rekomendasi Konferensi Pangan Sedunia di Roma tahun 1992. Pedoman tersebut menggantikan slogan "4 sehat 5 sempurna" yang telah diperkenalkan sejak tahun 1952 karena sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam bidang gizi.

Hal yang diperhatikan dalam pedoman gizi seimbang yaitu variasi makanan, pentingnya pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta memantau berat badan ideal. Dalam gambaran Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) setiap orang dianjurkan untuk minum air putih rata-rata 8 gelas setiap harinya. Hal ini karena air merupakan bagian zat yang penting bagi kelangsungan hidup. Berikutnya disusul oleh karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi 3-8 porsi (sesuai kebutuhan menurut usia, berat badan, dan keadaan kesehatan). Lalu sayur dan buah sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, sayuran harus lebih banyak dikonsumsi daripada buah. Kemudian, protein hewani dan nabati dikonsumsi lebih sedikit daripada sayuran dan buah. Paling puncak dilengkapi oleh minyak, gula, dan garam yang bisa digunakan seperlunya.

Kesimpulan yang dapat dikemukakan berdasarkan teks di atas adalah ...

A

4 sehat 5 sempurna masih bisa diterapkan di negera berkembang.

B

Pedoman gizi seimbang menggantikan slogan "4 sehat 5 sempurna" sejak tahun 1955.

C

Pedoman gizi seimbang menyadarkan masyarakat bahwa susu tidak diperlukan tubuh serta pentingnya olahraga dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan berat badan.

D

Pedoman gizi seimbang menjadi panduan bagi masyarakat dalam memilih makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat, serta meningkatkan pemahaman tentang pola hidup sehat.

Pembahasan:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan mengenai suatu hal berupa fakta. Teks eksplanasi harus disampaikan secara detail. Teks pada soal membahas tentang pedoman gizi seimbang mulai dari informasi secara umum hingga penjelasan tumpeng gizi seimbang dalam pedoman gizi seimbang.

  • Paragraf pertama merupakan pernyataan umum yang berisi tentang sejarah implementasi pedoman gizi seimbang.
  • Paragraf kedua merupakan deretan penjelas yang membahas tentang hal yang perlu diperhatikan dalam pedoman gizi seimbang hingga porsi zat makanan yang perlu dikonsumsi orang setiap harinya menurut tumpeng gizi seimbang.
  • Kesimpulan yang paling tepat berdasarkan penjabaran pada pernyataan umum dan deretan penjelas yaitu 'Pedoman gizi seimbang menjadi panduan bagi masyarakat dalam memilih makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat, serta meningkatkan pemahaman tentang pola hidup sehat.'

*Kesimpulan berisi hasil akhir dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Namun, kesimpulan dalam teks eksplanasi bersifat pilihan atau bukan keharusan. Pada bagian ini, penulis dapat memberikan intisari atau tanggapan atas pernyataan yang ada di dalam teks.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Teks Eksplanasi Menulis Teks Eksplanasi KD4.3
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.364 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini