Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menjelaskan Teks Eksplanasi Ilmiah

Soal

Pilgan

Perhatikan teks berikut!

Fenomena alam pelangi selalu menarik perhatian orang. Pelangi adalah proses pembiasan cahaya yang berasal dari percikan-percikan air terkena cahaya matahari lalu membentuk sebuah busur cahaya. Busur cahaya ini mempunyai 7 warna yang sering disingkat menjadi mejikuhibiniu, yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Proses terjadinya pelangi dimulai dari pembiasan sinar matahari. Sinar matahari dibelokkan oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Ketika cahaya matahari melewati tetesan air, maka cahaya akan dibelokkan. Hal ini membuat warna-warna cahaya berpisah satu sama lain.

Setiap warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan berbagai warna di pelangi dapat terlihat. Warna pertama yang akan dibelokkan adalah warna ungu, sedangkan yang terakhir adalah merah.

Pelangi dapat kita lihat saat sedang hujan ketika posisi matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan arah kita menghadap. Oleh karena itu, posisi kita harus ada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang kita.

Pernyataan yang sesuai berdasarkan teks di atas adalah ...

A

proses terbentuknya pelangi dimulai dari pembiasan sinar matahari.

B

kita harus berhadapan dengan sinar matahari agar dapat melihat pelangi.

C

pelangi bukan merupakan fenomena alam karena bisa dibuat sendiri.

D

warna pelangi terbentuk karena dibelokkan pada sudut yang sama.

Pembahasan:

Untuk mencari pernyataan yang sesuai dengan teks, temukanlah hal yang berkaitan dengan isi teks yang dimaksud. Ini artinya, cek masing-masing pilihan jawaban lalu temukan kalimat dalam teks yang sesuai atau tidak terhadap pernyataan tersebut.

  1. Proses terbentuknya pelangi dimulai dari pembiasan sinar matahari. Pernyataan ini tepat sesuai dengan paragraf kedua kalimat pertama.
  2. Kita harus berhadapan dengan sinar matahari agar dapat melihat pelangi. Pernyataan ini tidak tepat karena posisi kita menghadap harus berlawanan dengan arah sinar matahari agar dapat meilhat pelangi (paragraf keempat kalimat pertama).
  3. Pelangi bukan merupakan fenomena alam karena bisa dibuat sendiri. Pernyataan ini tidak tepat karena pelangi adalah fenomena alam (paragraf pertama kalimat pertama).
  4. Warna pelangi terbentuk karena dibelokkan pada sudut yang sama. Pernyataan ini tidak tepat karena setiap warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda (paragraf ketiga kalimat pertama).

Jadi jawaban yang benar adalah "proses terbentuknya pelangi dimulai dari pembiasan sinar matahari".

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal