Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menjelaskan Teks Eksplanasi Ilmiah

Soal

Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Pelangi

Pelangi adalah garis warna-warni yang muncul di langit sehabis terjadinya hujan. Pelangi terjadi ketika cahaya matahari terkena air hujan dan mengalami pembiasan. Namun pelangi tidak selalu terjadi setiap saat sehabis hujan. (1) Ada waktu dan proses tertentu yang menyebabkan munculnya pelangi.

(2) Saat pembiasan sinar matahari terjadi, cahaya dibelokkan ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya (dari udara ke air). (3) Ketika sinar matahari melewati tetesan air, cahaya tersebut akan dibelokkan. Pembelokan cahaya akan membuat warna-warna tertentu berpisah dengan warna lainnya.

Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda. Proses itu akan memberikan warna yang indah pada pelangi. (4) Warna yang pertama dibelokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang dibelokkan adalah warna merah. Nantinya, akan terlihat warna mejikuhibiniu, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

(5) Hanya orang-orang yang beruntung yang bisa melihat pelangi. Pelangi hanya dapat dilihat di posisi tertentu si pengamat. Jika ingin melihat pelangi, kita harus berada di antara hujan dan sinar matahari. Sinar matahari berada di belakang si pengamat sehingga terjadi garis lurus antara matahari, pengamat, dan busur pelangi. Jadi, hanya dari posisi itulah kita bisa melihat pelangi.

(Sumber: Bobo.grid.id, dengan penyesuaian)

Deret penjelas dalam teks tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor ....

A

(1), (2), (4)

B

(2), (3), (4)

C

(3), (4), (5)

D

(2), (3), (5)

Pembahasan:

Deretan penjelas merupakan bagian isi dalam teks eksplanasi ilmiah. Bagian deretan penjelas berisi uraian atau penjelasan lebih rinci mengenai topik atau peristiwa yang dibahas.

Dalam teks tersebut, bagian deretan penjelas terdapat pada kalimat nomor (2), (3), (4). Kalimat nomor (2) dan (3) menjelaskan proses terjadinya pembiasan cahaya dan kalimat nomor (4) membahas warna pertama dan terakhir yang dibelokkan dalam pelangi.

Jadi, deret penjelas ditunjukkan oleh kalimat nomor

(2) Saat pembiasan sinar matahari terjadi, cahaya dibelokkan ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya (dari udara ke air).

(3) Ketika sinar matahari melewati tetesan air, cahaya tersebut akan dibelokkan.

(4) Warna yang pertama dibelokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang dibelokkan adalah warna merah.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal