Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Identifikasi Informasi Teks Tanggapan

Soal

Pilgan

Cermati kutipan teks berikut!

Herd Immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi. Cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan kekebalan pada banyak orang sekaligus adalah vaksinasi. Apabila seseorang mendapatkan vaksin, suatu saat ketika ada virus memasuki tubuhnya, sistem imun tubuhnya telah siap melawan virus tersebut sehingga virus tersebut akan mati dan tidak bisa menyebar ke orang lain.

Hingga kini, belum ada vaksin untuk virus corona. Para peneliti masih berusaha untuk mengembangkan vaksin tersebut. Jadi, pembentukan herd immunity melalui vaksin belum bisa dilakukan. Sedangkan pembentukan herd immunity secara alami dengan membiarkan orang terinfeksi virus corona di Indonesia bukanlah cara yang bijak karena akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan dapat berakibat fatal karena dapat meningkatkan jumlah korban jiwa.

(Sumber: alodokter.com, dengan penyesuaian)

Isu yang ditanggapi dalam kutipan teks tersebut adalah ....

A

virus corona di Indonesia

B

penyebaran virus corona melalui herd immunity

C

penanganan virus corona

D

herd immunity untuk menangani virus corona

Pembahasan:

Dalam sebuah teks tanggapan terdapat objek atau isu yang ditanggpi. Isu yang dimaksud bisa berupa peristiwa maupun keadaan sosial. Adapun isu yang menjadi objek tanggapan dalam teks tersebut adalah herd immunity untuk menangani virus corona karena dalam teks tersebut diberikan tanggapan bahwa pembentukan herd immunity secara alami di Indonesia bukanlah cara yang bijak dan dapat berakibat fatal.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal