Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan

Soal

Pilgan

Cermatilah kutipan teks berikut!

Pembelajaran daring (dalam jaringan)/online menjadi satu-satunya pilihan pada masa pandemi seperti ini. Namun, jika dilihat lebih dalam tingkat kompleksitasnya jauh lebih rumit pembelajaran langsung/offline karena umpan balik menjadi poin penting, sedangkan dalam pembelajaran daring peserta didik bisa mencari materi dari internet. Tentunya guru dan orang tua perlu mengembalikan esensi pembelajaran daring, pembelajaran daring bukan sekadar memberikan penugasan dengan memfoto lalu mengirimkannya kepada siswa, mengoreksinya, dan dikembalikan lagi pada siswa.

Pembelajaran dengan cara seperti itu adalah sistem pembelajaran yang tidak memerdekakan siswa karena siswa akan merasa lebih terbebani. Pembelajaran daring memang perlu dilakukan sosialisasi secara integratif untuk komponen dunia pendidikan, karena bisa jadi komponen utama dunia pendidikan seperti guru dan sekolah belum sigap untuk melakukan proses pembelajaran daring.

(Sumber: ummetro.ac.id, dengan penyesuaian)

Kata-kata yang mengungkapkan suatu saran pada kutipan teks tersebut adalah ....

A

pilhan pada masa pandemi

B

sosialisasi secara integratif

C

perlu dilakukan sosialisasi

D

efektivitas pembelajaran daring

Pembahasan:

Salah satu kaidah kebahasaan teks tanggapan adalah penggunaan kata-kata yang bernada saran. Kata-kata tersebut di antaranya, perlu, harus, sebaiknya; sebagai suatu pengungkapan rekomendasi atau saran atas isu yang disampaikan.

Jadi, berdasarkan pilihan jawaban di atas, jawaban yang benar adalah perlu dilakukan sosialisasi karena dalam klausa tersebut mengandung kata perlu.

Video
27 Mei 2022
Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia | Kelas IX
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal