Bank Soal Biologi SMA Tulang dan Sendi

Soal

Pilgan

Hormon yang berasal dari parafolikuler tiroid yang berkerja menghambat resorpsi tulang adalah ....

A

tirokalsitonin

B

paratiroid

C

somatotropin

D

androgen

E

estrogen

Pembahasan:

Beberapa jenis hormon pada tubuh manusia terlibat dalam pertumbuhan dan organisasi tulang. Salah satu hormon yang terlibat tersebut adalah tirokalsitonin. Tirokalsitonin atau disebut juga kalsitonin adalah hormon yang berasal dari parafolikuler tiroid yang bekerja menghambat resorpsi atau penghancuran pada tulang oleh osteoklas. Kalsitonin ini akan bekerja saat adanya kerja paratiroid yang meningkatkan kadar kalsium darah (Ca2+). Setelah kadar kalsium darah meningkat, kalsitonin akan segera menurunkan kadar kalsium pada darah tersebut. Dengan adanya penurunan kalsium darah ini, maka dapat mencegah absorpsi kalsium oleh usus, dan juga mencegah reabsorpsi kalsium oleh ginjal sehingga kadar kalsium darah bisa kembali normal.

Jadi hormon yang berasal dari parafolikuler tiroid yang berkerja menghambat resorpsi tulang adalah tirokalsitonin.


*Hormon paratiroid adalah hormon yang berperan dalam menjaga kadar kalsium pada tubuh.

*Hormon somatotropin adalah hormon yang dihasilkan oleh hipofisis anterior yang berfungsi mengendalikan pertumbuhan tulang.

*Hormon androgen adalah hormon steroid yang merangsang atau mengontrol perkembangan dan pemeliharaan karakteristik laki-laki dengan mengikat reseptor androgen yang juga merupakan pendukung aktivitas organ seks pria dan pertumbuhan karakteristik seks sekunder laki-laki.

*Hormon estrogen adalah hormon yang berperan dalam perkembangan ciri-ciri seksual pada wanita dan diproduksi di indung telur, jaringan lemak, maupun kelenjar adrenal.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal