Bank Soal IPS SD Masalah Sosial Negara-Negara ASEAN

Soal

Pilgan

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi seseorang yang telah kecanduan narkoba adalah ....

A

melakukan rehabilitasi

B

memasukkan ke penjara

C

memberi denda dalam jumlah besar

D

memasukannya ke rumah sakit jiwa (RSJ)

Pembahasan:

Penyalahgunaan narkoba biasanya disebabkan oleh rasa ingin tahu yang tinggi atau penasaran, berada di pertemanan dan lingkungan yang tidak sehat (menggunakan narkoba), permasalahan ekonomi, dan permasalahan dalam lingkup keluarga. Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan narkotika yang berbahaya adalah dehidrasi, halusinasi, menurunnya tingkat kesadaran, gangguan kualitas hidup/kesehatan, dan kematian.

Indonesia merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang tidak lepas dari permasalahan narkoba. Pengguna narkoba di Indonesia sampai tahun 2019 mencapai 1,2 juta orang. Indonesia telah memberlakukan cara untuk mencegah peredaran narkoba, serta mengatasi kecanduan narkoba. Jika seseorang terbukti mengonsumsi narkoba, maka ia harus direhabilitasi (pemulihan). Namun, jika ia terbukti mengonsumsi dan mengedarkan narkoba, maka kasusnya akan dilanjutkan lewat pengadilan.

Masa rehabilitasi yang dipersiapkan terdiri dari tiga tahap, yaitu detoksifikasi, terapi konseling dan perilaku, dan bina lanjut (kegiatan yang dilakukan sesuai minat pasien namun di bawah pengawasan terapis). Tahap terakhir dan terpenting setelah rehabilitasi adalah dukungan dari keluarga agar pengguna lebih terbuka dan tidak mengonsumsi narkoba lagi.

Jadi, cara yang dilakukan oleh Indonesia dalam mengatasi seseorang yang telah kecanduan narkoba adalah melakukan rehabilitasi.

K13 Kelas VI IPS Geografi Karakteristik Geografis dan Kehidupan Negara-Ne... Masalah Sosial Negara-Negara ASEAN Skor 2
Memahami LOTS
Video
24 Agustus 2020
Masalah Sosial Negara-Negara ASEAN | IPS | Kelas VI
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal