Bank Soal IPS SD Peran Indonesia dalam ASEAN

Soal

Pilgan

Pertemuan ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) pada tahun 2018 di Indonesia mengadopsi Deklarasi Yogyakarta, yaitu ....

A

para menteri kebudayaan perlu menghilangkan budaya pencegahan

B

mengajak masyarakat agar mengikuti kebudayaan dari negara anggota ASEAN lainnya

C

seluruh menteri atas kebudayaan dan seni di negara anggota ASEAN bertanggung jawab untuk mengutamakan budaya pencegahan

D

masyarakat di setiap negara anggota ASEAN harus mengedepankan budaya modern

Pembahasan:

Negara anggota ASEAN memiliki kerja sama di berbagai bidang termasuk dalam bidang kebudayaan. Kerja sama di bidang budaya bertujuan untuk saling mengenalkan budaya satu sama lain dan memperkuat identitas ASEAN sebagai negara yang berbudaya. Salah satu bentuk kerja sama di bidang budaya adalah mengadakan pertemuan ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) atau pertemuan para menteri yang bertanggung jawab di bidang kebudayaan dan seni ASEAN. AMCA pertama kali diadakan tahun 2003 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Indonesia sebagai anggota ASEAN juga ikut berperan dalam kerja sama di bidang budaya. Pada tahun 2018, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah dalam pertemuan The 8th ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) yang diadakan di Yogyakarta. Pertemuan AMCA mengadopsi Deklarasi Yogyakarta, di mana seluruh menteri yang bertanggung jawab atas kebudayaan dan seni di negara anggota ASEAN setuju untuk mengutamakan budaya pencegahan untuk masyarakat yang damai, tangguh, sehat, harmonis, dan semangat untuk memperkaya identitas ASEAN dalam aspek budaya dan seni.

Jadi, pertemuan ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) pada tahun 2018 di Indonesia mengadopsi Deklarasi Yogyakarta, yaitu seluruh menteri atas kebudayaan dan seni di negara anggota ASEAN bertanggung jawab untuk mengutamakan budaya pencegahan.

K13 Kelas VI IPS Sosiologi Peran Indonesia dalam Kerja Sama ASEAN Peran Indonesia dalam ASEAN Skor 2
Memahami LOTS
Video
03 November 2020
Peran Indonesia dalam ASEAN | IPS | Kelas VI
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal