Cermati teks berikut!

Kekeringan adalah salah satu fenomena alam yang sering terjadi. Ini biasanya akibat dari musim kemarau berkepanjangan yang menyebabkan sebagian besar wilayah menjadi kekurangan air. Ketika kekeringan ini terjadi, orang-orang akan sulit untuk memperoleh air, padahal air adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Bahkan, ketika kekeringan berlangsung terlalu lama, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh manusia, hewan dan tumbuhan juga akan merasakannya. Tumbuhan akan kering dan mati, kemudian hewan-hewan akan kurus karena kurangnya asupan makanan dan air. 

Makna tersirat dalam teks tersebut adalah ....

A

kemarau membuat orang-orang malas beraktivitas

B

kekeringan adalah salah satu fenomena alam

C

kekeringan menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan pokok semua mahluk hidup

D

masyarakat mengeluh pada pemerintah karena kurang air

Pembahasan:

Makna tersirat adalah makna yang tidak langsung tertulis dalam paragraf, tetapi merupakan pesan yang ingin disampaikan melalui paragraf tersebut.  Untuk mencari makna tersirat dalam teks, temukanlah hal yang berkaitan dengan isi teks yang dimaksud. Ini artinya, cek masing-masing pilihan jawaban lalu temukan kalimat dalam teks yang sesuai atau tidak terhadap pernyataan tersebut.

  1. Kemarau membuat orang-orang malas beraktivitas. Pernyataan ini tidak tepat karena tidak disinggung sama sekali dalam teks.
  2. Kekeringan ada salah satu fenomena alam. Pernyataan ini tersurat, bukan tersirat, dalam teks yaitu di kalimat pertama. Jadi pilihan ini kurang tepat.
  3. Kekeringan menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan pokok semua mahluk hidup. Pilihan ini tepat karena dalam kalimat ketiga disebutkan kekeringan menyebabkan air, yang merupakan kebutuhan pokok, sulit diperoleh. Selanjutnya, dalam kalimat keempat disebutkan bahwa dampak kekeringan dirasakan oleh semua makhluk hidup. Dari kedua kalimat ini, dapat disimpulkan bahwa kekeringan menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan air makhluk hidup.
  4. Masyarakat mengeluh pada pemerintah karena kurang air. Pernyataan ini tidak tepat karena tidak disinggung sama sekali dalam teks.

Jadi jawaban yang tepat adalah "kekeringan menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan pokok semua mahluk hidup".

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.997 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini