Bank Soal Biologi SMA Sistem Saraf Manusia

Soal

Pilgan

Medina dan Medila adalah kakak-beradik yang terpaut usia 5 tahun. Medina saat ini berusia 19 tahun dan merupakan seorang mahasiswa, sedangkan Medila berusia 14 tahun dan merupakan siswi SMP kelas 3.

Bila perkembangan keduanya normal, maka berikut ini kemungkinan yang paling benar terkait otak Medina dan Medila adalah ....

A

lipatan-lipatan pada otak Medila lebih banyak dari lipatan-lipatan otak Medina

B

volume otak Medina lebih besar dari volume otak Medila

C

ukuran kepala Medina lebih besar daripada ukuran kepala Medila

D

bila ukuran kepala Medina lebih besar maka volume otaknya lebih besar

E

bila Medila lebih sering belajar dan aktif daripada Medina, maka jumlah lipatan otaknya akan lebih banyak

Pembahasan:

Serebrum atau otak besar memiliki bagian luar yang tersusun dari substansi abu-abu dan disebut dengan korteks serebral. Korteks serebral menempati 80% dari massa otak. Pada korteks serebral terdapat lipatan-lipatan yang berbeda antara satu manusia dengan manusia lain, maupun manusia dengan jenis animalia lainnya. Lipatan ini menambah luas permukaan otak, sehingga meningkatkan jumlah substansi abu-abu dan jumlah informasi yang dapat diproses. Dengan demikian, manusia bisa memiliki kemampuan kognitif atau kecerdasan yang lebih tinggi.

Jumlah lipatan pada permukaan otak ini ditentukan oleh seberapa sering otak dipakai untuk berpikir dan bekerja. Misalnya, ketika seseorang aktif berpikir dan menganalisis sesuatu, maka kemungkinan bertambah lipatannya akan semakin banyak.

Berikut ini merupakan ilustrasi otak manusia.

Semakin besar volume otak seseorang dan semakin tinggi tingkat perkembangannya, maka orang tersebut akan semakin cerdas. Akan tetapi, volume otak tidak dipengaruhi oleh besarnya ukuran kepala dan usia seseorang. Seseorang yang berusia lebih tua, mungkin seharusnya memiliki perkembangan otak yang lebih tinggi. Hanya saja bila kesehariannya minim aktivitas yang memerlukan bantuan otak untuk dilatih bekerja lebih keras, misalnya berpikir, maka tingkat kecerdasannya kemungkinan berada di bawah orang lain dengan usia yang lebih muda.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah bila Medila lebih sering belajar dan aktif daripada Medina, maka jumlah lipatan otaknya akan lebih banyak.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sistem Koordinasi Manusia Sistem Saraf Manusia Skor 2
Memahami LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal