Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Simpulan Isi Berita

Soal

Pilgan

Cermati teks berita berikut!

Kebakaran hutan dan semak telah menghancurkan sekitar 5,8 juta hektar lahan di Australia, yang dikenal karena flora dan fauna yang unik. Diperkirakan hilangnya satwa liar di seluruh Australia dari kebakaran hutan di penghujung tahun 2019 hingga saat ini akan melebihi 500 juta ekor.

Profesor Woinarski dari Charles Darwin University mengatakan pemulihan hutan bisa memakan waktu puluhan tahun. Ia juga mengatakan bahwa hewan dan tanaman membutuhkan bertahun-tahun untuk kembali berkembang biak setelah kebakaran.


(Sumber: www.tempo.co)


Ide pokok paragraf pertama adalah ....

A

kebakaran hutan dan semak di Australia

B

hilangnya satwa liar di seluruh Australia

C

lima ratus juta ekor satwa liar Australia hilang

D

pemulihan hutan memakan waktu lama

Pembahasan:

Ide pokok atau gagasan utama dalam suatu paragraf terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama sebuah paragraf bisa terdapat di awal atau di akhir paragraf. Paragraf pertama berita di atas menunjukkan kalimat utama yang terletak di awal paragraf. Hal ini dibuktikan dengan kalimat penjelas setelah kalimat pertama yang memiliki korelasi kuat yang merujuk kepada kalimat sebelumnya.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah: Kebakaran hutan dan semak telah menghancurkan sekitar 5,8 juta hektar lahan di Australia, yang dikenal karena flora dan fauna yang unik.

Sehingga, ide pokoknya adalah rangkuman dari kalimat utama tersebut. Bisa dibayangkan bahwa kalimat tersebut disederhanakan sehingga tersisa inti-intinya saja. Itulah yang disebut ide pokok. Berdasarkan kalimat utama di atas, maka ide pokoknya adalah:

Kebakaran hutan dan semak di Australia.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal