Baca teks berikut ini dengan cermat.

Indonesia sebagai negara maritim memiliki wilayah laut yang luas. Itulah sebabnya banyak penduduk Indonesia yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Selain itu, Indonesia punya kapal layar kebanggaan yang dibuat oleh Suku Bugis di Sulawesi. Kapal tersebut bernama kapal pinisi.

Kapal pinisi merupakan kapal legendaris Indonesia yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan berukuran sangat besar. Menurut catatan sejarah yang tertulis di naskah lontar La Galigo, diceritakan kalau kapal pinisi pertama kali dibuat pada abad ke-14, yaitu sekitar tahun 1500-an.

Dalam naskah La Galigo, disebutkan kalau Sawerigading adalah orang pertama yang membuat kapal pinisi. Sawerigading merupakan putra Kerajaan Luwu. Kapal pinisi dibuat oleh Pangeran Sawerigading untuk tujuan digunakan pergi ke negeri Tiongkok dan menikahi Putri We Cudai.

Pembuatan kapal pinisi sangat unik. Kapal pinisi dibuat menggunakan kayu dan tidak menggunakan perekat seperti lem atau paku untuk merakit kayunya. Kayu yang dipakai adalah kayu jati dan kayu mahoni. Untuk menggabungkan kayu-kayunya di bagian kapal, digunakan pasak kayu. Meskipun tanpa menggunakan paku, kapal pinisi tetap kuat dan mampu mengarungi lautan.

(Sumber: Bobo.grid.id, dengan penyesuaian)

Penduduk Indonesia banyak yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan karena ....

A

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah laut yang luas

B

perairan di Indonesia memiliki hasil laut yang sangat banyak

C

penduduk Indonesia pandai membuat kapal

D

penduduk Indonesia banyak yang pandai berdagang

Pembahasan:

Untuk mengetahui alasan penduduk Indonesia banyak yang bekerja sebagai nelayan, mari kita cermati paragraf kesatu teks di atas.

Paragraf kesatu teks di atas berisi penjelasan Indonesia merupakan negara maritim. Bagian penjelasan mengenai banyaknya penduduk Indonesia yang bekerja sebagai nelayan terdapat pada dua kalimat pertama.

Indonesia sebagai negara maritim memiliki wilayah laut yang luas. Itulah sebabnya banyak penduduk Indonesia yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah laut yang luas.

Bahasa Indonesia Kelas 6 Membaca Teks Nonfiksi - Informasi dalam Teks Menggali Informasi KD3.8
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.258 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini