Bank Soal IPS SD Interaksi Manusia

Soal

Pilgan

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah membantu manusia menjadi dominan dalam interaksinya dengan alam. Contohnya adalah ....

A

manusia mengungsi ke tempat yang lebih tinggi saat banjir

B

manusia melakukan penangkapan ikan di laut saat cuacanya baik

C

manusia menghindari tempat tinggal yang rawan bencana

D

manusia mampu membuka lahan pertanian dan perkebunan yang sangat luas

Pembahasan:

Manusia bertahan hidup dengan berinteraksi dengan lingkungannya, termasuk alam. Sejak awal kehidupan, manusia memanfaatkan sumber daya alam secara terbatas. Namun, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia menjadi dominan dalam berinteraksi dengan alam.

Manusia mulai berupaya melakukan perubahan dengan menciptakan lahan pertanian, pemukiman, dan berbagai jenis industri, dan kegiatan lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pada akhirnya, manusia mampu memanfaatkan alam secara lebih luas dan lebih mudah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ilmu pengetahuan dan teknologi telah membantu manusia menjadi dominan dalam interaksinya dengan alam. Contohnya adalah manusia mampu membuka lahan pertanian dan perkebunan yang sangat luas.


*Sementara manusia mengungsi ke tempat yang lebih tinggi saat banjir, manusia melakukan penangkapan ikan di laut saat cuacanya baik, dan manusia menghindari tempat tinggal yang rawan bencana merupakan bentuk interaksi yang didominasi oleh alam. Manusia tidak dapat melakukan perubahan terhadap kondisi tersebut, karena interaksi telah terjadi secara alamiah.

K13 Kelas V IPS Sosiologi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Interaksi Manusia Skor 2
LOTS Memahami
Video
03 Agustus 2020
Interaksi Manusia | IPS | Kelas V
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal