Cermati teks eksplanasi berikut!

Mental illness atau gangguan kejiwaan adalah sebuah gangguan mental, perilaku, dan emosional yang mengakibatkan orang yang mengalaminya akan kesulitan bekerja, bersosialisasi, dan beraktivitas normal. Gangguan kejiwaan ini memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda dengan tingkat keparahan yang juga berbeda. Gejala-gejala yang dapat timbul, antara lain, adalah perasaan sedih (sulit merasa bahagia), kebingungan saat berpikir serta menurunnya kemampuan untuk berkonsentrasi, perasaan cemas yang berlebihan, hingga gejala fisik, seperti nyeri punggung, sakit kepala, dan rasa sakit yang tidak dapat diketahui penyebabnya.

Gangguan mental yang umumnya terjadi adalah gangguan kecemasan yang meliputi gangguan kepanikan, fobia, obsessive-compulsive disorder (OCD), hingga post-traumatic stress disorder (PTSD). Selain gangguan kecemasan, terdapat gangguan mood yang meliputi depresi mayor, bipolar, gangguan depresi persisten, dan seasonal affective disorder.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Jenis kalimat yang digunakan dalam kalimat pertama paragraf pertama teks tersebut adalah ....

A

kalimat interogatif

B

kalimat deskriptif

C

kalimat definisi

D

kalimat analogi

Pembahasan:

Kalimat pada kalimat pertama paragraf pertama adalah

Mental illness atau gangguan kejiwaan adalah sebuah gangguan mental, perilaku, dan emosional yang mengakibatkan orang yang mengalaminya akan kesulitan bekerja, bersosialisasi, dan beraktivitas normal.

Dalam kalimat tersebut, penulis menggambarkan secara umum mengenai mental illness. Kalimat yang menggambarkan atau mengartikan secara umum suatu hal disebut kalimat definisi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa jenis kalimat yang digunakan dalam kalimat pertama paragraf pertama teks tersebut adalah kalimat definisi.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Teks Eksplanasi Informasi Penting dalam Teks KD4.3
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.786 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini