Cermati penggalan teks eksplanasi berikut!

(Sumber gambar: acch.kpk.go.id)

Korupsi adalah suatu bentuk penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara untuk kepentingan pribadi atau orang lain. Akhir-akhir ini, korupsi merupakan salah satu bentuk penggelapan uang yang semakin marak terjadi di kalangan pejabat. Korupsi disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat berasal dari diri sendiri, seperti sifat tamak atau rakus, gaya hidup konsumtif, dan moral yang kurang kuat. Sementara itu, faktor eksternal yang mendorong seseorang melakukan korupsi adalah faktor politik, faktor hukum, dan faktor ekonomi.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Topik dari penggalan teks eksplanasi tersebut adalah ....

A

gambaran umum korupsi

B

pengertian dari korupsi

C

penyebab terjadinya korupsi

D

faktor internal dan faktor eksternal terjadinya korupsi

Pembahasan:

Topik adalah sebuah permasalahan yang dibahas atau diuraikan. Topik memiliki cakupan pembahasan yang lebih kecil dibandingkan tema, tetapi tidak terlalu sempit seperti judul. Cara menentukan topik suatu bacaan adalah mencari kata kunci yang sering diulang-ulang. Bentuk dari topik ada yang berbentuk satu kata hingga bentuk frasa atau kelompok kata.

Apabila kita cermati, kata yang sering diulang-ulang dalam teks pada soal adalah korupsi. Penulis menjelaskan pengertian hingga penyebab terjadinya korupsi secara umum.

Jadi, topik dari penggalan teks eksplanasi di atas adalah gambaran umum korupsi.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Teks Eksplanasi Informasi Penting dalam Teks KD3.3
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.102 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini