Bank Soal IPA SMP Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Soal

Pilgan

Perhatikan gambar di bawah ini!

Pernahkah kamu melihat bola lampu yang dapat menyala ketika roda hamster berputar? Gerak atau putaran roda yang dihasilkan hamster ketika berlari rupanya dapat mengalirkan listrik dengan bantuan generator. Percobaan ini menggunakan prinsip yang sama untuk menghasilkan energi terbarukan pembangkit listrik, yaitu ….

(Pilih semua jawaban yang benar!)

A

hydropower

B

solar cell

C

hydrogen power

D

wind power

Pembahasan:

Gambar tersebut menunjukkan putaran roda yang dapat diubah menjadi energi listrik. Prinsip yang diterapkan adalah mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Pada pembangkit listrik dengan energi terbarukan, energi mekanik atau gerak dapat dihasilkan oleh angin (wind power) dan aliran air atau ombak (hydropower), masing-masing melalui turbin angin dan turbin air.

Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber pembangkit yang menghasilkan listrik dari tenaga angin. Angin terbentuk sebagai aliran udara akibat adanya rotasi bumi dan perbedaan panas di bumi daerah ekuator dan daerah kutub. Angin kemudian dapat menggerakan turbin angin untuk diubah menjadi energi listrik.

Dengan mengganti media penggerak turbin, pembangkit listrik tenaga air dan ombak juga menggunakan turbin untuk menangkap gerakan air atau ombak pada sumber air yang memiliki potensi dalam hal ini, seperti sungai besar, bendungan, dan laut dengan pasang surut yang tinggi.

Jadi, peristiwa listrik yang mengalir dari putaran roda hamster memiliki prinsip yang sama dengan hydropower dan wind power.

K13 Kelas IX IPA Fisika Teknologi Ramah Lingkungan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan Skor 3
Mengaplikasikan LOTS
Video
16 Maret 2020
Alat-Alat Optik | IPA | Kelas IV
Rangkuman
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal