Bank Soal Bahasa Inggris SMP Narrative Text

Soal

Pilgan

Read the following text and answer the question.

The Proud Rose

The Proud Rose story

Once upon a time, there was a beautiful rose plant in a garden. One rose flower on the plant was proud of its beauty. However, it was disappointed that it was growing next to an ugly cactus. Every day, the rose would insult the cactus about its looks, but the cactus stayed quiet. All the other plants in the garden tried to stop the rose from bullying the cactus, but the rose was too swayed by its own beauty to listen to anyone.

One summer, a well in the garden dried up and there was no water for the plants. The rose slowly began to wilt. The rose saw a sparrow dip its beak into the cactus for some water. The rose then felt ashamed for having made fun of the cactus all this time. But because it was in need of water, it went to ask the cactus if it could have some water. The kind cactus agreed, and they both got through summer as friends.

Source: parenting.firstcry.com

What did the rose do when having no water?

A

It asked the cactus to share water.

B

It asked a sparrow to look for water.

C

It bullied the cactus.

D

It began to wilt.

Pembahasan:

Terjemahan dari teks dan soal di atas adalah:

Bacalah teks berikut dan jawablah pertanyaannya!

Mawar Yang Angkuh

Suatu hari, ada tanaman mawar yang indah di taman. Satu bunga mawar di tanaman itu bangga akan keindahannya. Namun, dia kecewa karena dia tumbuh di sebelah kaktus jelek. Setiap hari, mawar menghina kaktus tentang penampilannya, tetapi kaktus tetap diam. Semua tanaman lain di kebun berusaha menghentikan mawar dari menggertak kaktus, tetapi mawar itu terlalu terayun oleh keindahannya sendiri untuk mendengarkan siapa pun.

Suatu musim panas, sebuah sumur di kebun mengering dan tidak ada air untuk tanaman. Mawar perlahan mulai layu. Mawar melihat burung pipit mencelupkan paruhnya yang berisi air ke dalam kaktus. Mawar kemudian merasa malu karena mengolok-olok kaktus selama ini. Tetapi karena membutuhkan air, ia bertanya kepada kaktus apakah ia dapat memiliki air. Kaktus yang baik setuju, dan mereka berdua melewati musim panas sebagai teman.

Apa yang mawar lakukan saat dia tidak mempunyai air?

Terjemahan dari pilihan jawaban di atas adalah:

  • It asked the cactus to share water — Dia meminta kaktus untuk membagi air
  • It asked a sparrow to look for water — Dia meminta burung pipit untuk membagi air
  • It bullied the cactus — Dia mengolok-olok kaktus
  • It began to wilt — Dia perlahan mulai layu

Soal di atas menanyakan kita tentang apa yang mawar lakukan ketika dia tidak punya air. Untuk menjawab soal ini, kita bisa membaca paragraf kedua pada kalimat "But because it was in need of water, it went to ask the cactus if it could have some water" yang menunjukkan bahwa karena dia membutuhkan air, dia meminta kaktus apakah dia mempunyai air atau tidak. Pada kalimat ini, tersirat bahwa mawar ingin meminta air kepada kaktus. Kaktus yang baik hati pun setuju untuk memberinya air. Dari penjelasan ini, kita bisa menyimpulkan bahwa mawar meminta kaktus untuk membagi air untuknya.

Jadi jawaban dari soal di atas adalah "It asked the cactus to share water".

Video
17 Maret 2023
Narrative Text | Bahasa Inggris | Kelas IX
Rangkuman
08 April 2021
Bab 3 | Narrative Text | Bahasa Inggris | Kelas 11

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal