Joko Kendil (Pemanah)

Jaman dahulu kala, hiduplah seorang janda miskin dan anak lelakinya di suatu desa di Jawa Tengah. Anak ini dipanggil Joko Kendil karena tubuhnya bulat pendek dan menyerupai periuk nasi (kendil). Joko Kendil adalah anak yang berbakti dan jenaka, sehingga disayangi ibu dan teman-temannya. Sayangnya, setelah beranjak dewasa tubuh Joko Kendil tetap tidak berubah juga.

Suatu hari Joko Kendil meminta ibunya untuk melamar puteri raja untuk dinikahinya. "Apa kau yakin, Nak? Tubuhmu seperti kendil dan kamu anak orang miskin. Mana mau puteri raja menjadi istrimu?" tanya sang ibu dengan bingung. Karena Joko Kendil bersikeras, akhirnya sang ibu menyerah dan pergi melamar ke istana. Raja terkejut tapi tidak segera menolaknya. Sebaliknya, ia bertanya jika ada dari ketiga puterinya yang bersedia menerima lamaran tersebut. Sungguh mengejutkan! Ternyata Dewi Melati, si bungsu yang cantik, bersedia! Keputusan ini dihormati oleh sang raja, dan kedua mempelai pun dinikahkan.

Tiba saatnya diadakan perlombaan ketangkasan memanah di kerajaan. Joko Kendil tidak ikut dengan alasan sakit. Pemenang lomba itu adalah seorang ksatria yang tampan dan gagah perkasa. Melihat sang ksatria, kedua kakaknya mengolok Dewi Melati yang telah menikahi si kendil. Mendengar olokan mereka, Dewi Melati merasa sedih dan masuk ke kamarnya. Untuk melampiaskan kekesalannya, ia melempar kendil kosong yang ada di kamar. Tiba-tiba muncul ksatria tampan pemenang lomba di hadapannya. "Akulah suamimu Joko Kendil. Kutukanku telah hilang karena gucinya pecah," ujar sang ksatria. Dewi Melati merasa sangat bahagia dan memeluk suaminya.

(Sumber: dongengceritarakyat.com, dengan penyesuaian)

Latar tempat kisah Joko Kendil adalah ....

A

Jawa Tengah

B

Jawa Barat

C

Jawa Timur

D

Yogyakarta

Pembahasan:

Perhatikan kalimat pada bagian akhir teks:

Jaman dahulu kala, hiduplah seorang janda miskin dan anak lelakinya di suatu desa di Jawa Tengah.

Dari kalimat di atas, dapat disimpulkan bahwa latar tempat kisah Joko Kendil adalah suatu desa di Jawa Tengah. Jadi, jawaban yang tepat adalah Jawa Tengah.



Bahasa Indonesia Kelas 4 Membaca Teks Fiksi-Tokoh Cerita Cerita Rakyat Video KD3.9
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.129 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini