Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif

Soal

Score: 2

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Seorang remaja asal Thailand yang tinggal di timur laut Provinsi Kalasin sedang menjadi buah bibir. Remaja tersebut menjadi buah bibir lantaran menjual lukisannya, mayoritas bergambar pemandangan desa, untuk memenuhi tanggungan biaya kuliahnya.

Remaja bernama Krittamet Saisaen, atau yang akrab disapa Earth tersebut bercita-cita menjadi seorang arsitek. Remaja berusia 18 tahun tersebut mengenang kesukaannya melukis pertama kali, yaitu ketika menemani ibunya saat dirawat di rumah sakit. Hobi menggambarnya memang sudah dimulai sejak ia masih kecil. Oleh karena itu, ia sangat berkeinginan menjadi seorang arsitek yang ahli mendesain bangunan.

Earth ingin mendaftar kuliah di Arsom Silp Institute of The Arts, Bangkok. Namun, biaya yang harus ia bayar untuk bisa menempuh kuliah di sana sebesar 60 ribu baht atau lebih dari 27 juta untuk satu semesternya. Untuk meraih gelar sarjana, ia harus menyelesaikan 10 semester atau memerlukan biaya sekitar 270 juta. Biaya kuliah yang sangat tinggi tersebut tak mampu ia penuhi. Apalagi orangtua Earth sudah tidak ada. Ibunya telah meninggal dunia dan ayahnya meninggalkannya beserta adiknya.

Earth tak patah semangat. Ia berharap bisa mendapatkan uang dengan menjual lukisannya. Ia menjual lukisannya kepada tetangga dengan harga 20 sampai 50 baht, atau sekitar 10 ribu sampai 23 ribu rupiah. Meskipun dibayar sedikit, ia tak patah semangat. Ia terus memoles keterampilannya lewat guru seninya dan video tutorial di Youtube.

Kehidupan Earth membaik setelah kisahnya tersebar di berbagai media sosial. Akibat hal tersebut, ia kemudian kebanjiran pesanan membuat lukisan. Pesanan lukisan tersebut dibayar dengan harga 1000 sampai 2000 bath.

Kerja keras Earth mengasah keterampilan dan gigih menjual lukisan akhirnya menuai hasil. Earth menjadi bukti sebagai anak muda yang berjuang meraih cita-citanya meskipun banyak halangan. Dari penghasilan yang ia dapatkan tersebut ia juga bercita-cita membangun pondok ramah lingkungan untuk mengajari anak-anak melukis.

(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)

Bagian komplikasi dalam cerita inspiratif di atas terdapat pada paragraf ....

A

kelima

B

ketiga

C

keempat

D

kedua

Pembahasan:

Struktur teks cerita inspiratif dibagi menjadi enam, di antaranya:

  • Abstrak. Bagian yang berisi inti dari teks cerita inspiratif atau ringkasannya. Bagian ini bersifat opsional, boleh ada maupun tidak.
  • Orientasi. Bagian yang berisi pengenalan tema, latar, maupun tokoh. Bagian ini terdapat di awal sebuah teks.
  • Komplikasi. Bagian yang berisi munculnya masalah atau terjadinya konflik dalam cerita sampai pada klimaksnya.
  • Evaluasi. Bagian yang berisi munculnya pemecahan atau penyelesaian masalah.
  • Resolusi. Bagian yang berisi pemecahan masalah atau selesainya sebuah masalah.
  • Koda. Bagian yang berisi amanat atau pesan-pesan positif yang bisa dipetik dari teks.

Bagian komplikasi dalam cerita inspiratif di atas terdapat pada paragraf ketiga, karena berisi permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. Permasalahan tersebut adalah biaya kuliah yang mahal yang tak bisa ia penuhi.

Jadi, jawabannya yang benar adalah ketiga.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Cerita Inspiratif Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif KD3.12
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal