Bagaimana Panel Surya Bekerja?

Matahari menghasilkan sangat banyak energi yang bernama energi solar. Australia mendapatkan 20000 kali energi dari matahari setiap hari daripada yang kita dapat dari minyak, gas dan batubara. Energi solar akan berlangsung selama matahari ada yaitu setidaknya lima miliar tahun lagi.

Panel Surya terbuat dari sel surya yaitu bagian yang mengubah energi surya pada sinar matahari menjadi listrik. Sel surya membuat listrik langsung dari sinar matahari. Itu adalah energi yang paling dapat dipercaya yang teknologi pernah buat, sehingga mengapa itu digunakan satelit di luar angkasa dan di tempat-tempat yang paling terpencil di dunia.

 

Bagaimana Cara Sel Surya Bekerja?

Sel surya dibuat dari atom silikon. Atom pada dasarnya adalah sebuah blok bangunan seperti Lego tetapi sangat kecil sehingga kamu membutuhkan mesin khusus untuk melihat mereka. Karena atom silikon sangat kecil, kamu membutuhkan triliunan dan triliunan atom silikon untuk membuat sel surya.

Untuk membuat sel surya kamu membutuhkan seperti lapisan wafer dari silikon kira-kira sama besarnya seperti piring makan tetapi jauh lebih kecil; kira-kira hanya 3 kali lebih tebal dari 1 helai rambutmu. Lapisan silikon ini diubah dengan cara khusus menggunakan suhu yang sangat panas sampai 1000֯ C. Kemudian selembar logam diletakkan di bagian belakang lapisan, dan jaringan logam dengan lubang di dalamnya seperti jarum diletakkan di bagian depan. Sisi jala lapisan inilah yang akan menghadap matahari. Ketika 60 sel surya dibuat, mereka diperbaiki bersama di balik lapisan kaca untuk membuat panel surya.

Kalau rumahmu memiliki sistem tenaga surya, ia mungkin memiliki 10 hingga 50 panel surya yang terpasang di atap rumahmu. Jutaan panel surya digunakan untuk membuat pertanian surya besar di pedesaan.

Setiap atom silikon mengandung benda yang sangat kecil dan ringan yang disebut elektron-elektron ini masing-masing membawa muatan listrik kecil. Ketika sinar matahari jatuh kepada panel surya itu dapat menabrak salah satu elektron pada ada atom silikon dan membebaskannya. Elektron ini dapat bergerak, tetapi karena cara khusus sel dibuat, mereka hanya dapat bergerak satu arah yaitu ke arah Sisi yang menghadap matahari titik mereka tidak bisa pergi ke arah lain. Jadi setiap kali matahari bersinar pada sel surya itu menyebabkan banyak elektron mengalir ke atas tetapi tidak ke bawah dan ini menciptakan arus listrik yang dibutuhkan untuk memberi daya pada hal-hal di rumah kita seperti lampu televisi dan barang-barang listrik lainnya.

Jika sinar matahari cerah, maka banyak elektron yang terkena dan begitu banyak alur arus listrik yang dapat mengalir. Jika langit sedang mendung, maka lebih sedikit elektron yang terkena dan arus akan dipotong 3/4 atau lebih. Pada malam hari, panel surya tidak menghasilkan daya listrik dan kita perlu mengandalkan baterai atau sumber listrik lain untuk menyalakan lampu.

 

Bagaimana Sel Surya Digunakan?

Sel surya adalah cara termurah untuk menghasilkan listrik, lebih murah daripada batubara atau pembangkit listrik tenaga nuklir baru. Inilah sebabnya mengapa sel surya dipasang di seluruh dunia sekitar 5 kali lebih cepat dari pembangkit listrik tenaga batubara dan 20 kali lebih cepat dari pembangkit listrik tenaga nuklir.

Di Australia, hampir semua pembangkit listrik baru adalah pembangkit listrik tenaga surya atau ladang angin listrik tenaga surya dan angin dapat digunakan untuk menjalankan mobil listrik sebagai pengganti mobil bensin yang berpolusi. Listrik tenaga surya dan angin juga dapat memanaskan dan mendinginkan rumahmu dan dapat digunakan di industri menggantikan batu bara dan gas alam.

Matahari dan angin membantu mengurangi jumlah efek rumah kaca yang merusak bumi kita. Mereka murah, dan mereka terus menjadi lebih murah dan semakin kita menggunakannya semakin cepat kita dapat berhenti menggunakan energi yang dapat melukai bumi (seperti batubara minyak dan gas). Terlebih lagi, silikon adalah atom paling umum kedua di dunia setelah oksigen. Faktanya, pasir dan batu kebanyakan terbuat dari silikon dan oksigen. Jadi, kita tidak akan pernah kehabisan silikon untuk membuat lebih banyak sel surya.

diambil dari: https://theconversation.com/curious-kids-how-do-solar-panels-work-123515


Apa yang dapat meyakinan kita bahwa panel surya andal dan memiliki garansi kinerja?

A

Biaya pemasangan panel surya termasuk murah

B

Matahari adalah sumber energi yang tidak dapat habis

C

Panel surya tidak menimbulkan polusi

D

Panel surya mengurangi dampak rumah kaca sehingga tidak merusak bumi

Pembahasan:

Panel surya andal karena matahari sebagai sumber energinya tidak akan habis sehingga bisa dipastikan untuk garansi kinerjanya akan berlangsung dalam waktu yang sangat lama.

Jawaban A tidak dijelaskan apakah biaya pemasangan panel surya termasuk murah atau tidak.

Jawaban C dan D merupakan dampak dari penggunaan dari panel surya, tetapi tidak menunjukkan garansi kinerja atas barang tersebut.


Sehingga jawaban yang paling tepat adalah B yaitu matahari adalah sumber energi yang tidak dapat habis.

Bahasa Indonesia Kelas 8
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.164 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini