HILANG DI LAUTAN

 

Fajar tidak pecah perlahan seperti halnya di darat. Langit menjadi pucat, bintang pertama menghilang, dan aku terus melihat, pertama di jam tangan dan kemudian di cakrawala. Kontur laut mulai muncul. 12 jam telah berlalu, tetapi sepertinya itu tidak mungkin. Malam tidak sepanjang siang. Kamu harus menghabiskan malam di atas laut, duduk di atas rakit dan melihat jam tanganmu, untuk mengetahui bahwa malam itu jauh lebih lama daripada siang hari. Namun segera subuh mulai datang, sangat melelahkan untuk harus menjalani 1 hari lagi.

 

Hal itu terjadi padaku pada malam pertama diatas rakit. Ketika fajar datang, tidak ada lagi yang penting. Aku tidak memikirkan air atau makanan. Aku tidak memikirkan apapun sampai angin bertiup lebih hangat dan permukaan laut menjadi lembut dan keemasan. Aku belum tertidur sedikitpun, tapi pada saat itu sepertinya aku baru saja bangun. Ketika aku terbaring diatas rakit, tulangku sakit dan kulitku terbakar. Tetapi hari itu cerah dan hangat dan suara angin memberiku kekuatan baru untuk terus menunggu. Aku merasa sangat tenang di atas rakit kehidupan. Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun hidupku, aku benar-benar bahagia.

 

Rakit terus hanyut - seberapa jauh dia pergi pada malam hari tidak dapat kuhitung, tetapi cakrawala masih terlihat persis sama seolah-olah tidak bergerak 1 centimeter pun. Pukul 7 aku memikirkan perutku. Saatnya sarapan. Aku membayangkan teman sekapalku duduk di sekitar meja, sedang memakan apel. Lalu kita akan memakan telur. Lalu daging. Lalu roti dan kopi. Mulutku penuh dengan air liur dan aku merasakan sedikit lilitan di perutku. Untuk mengalihkan pikiranku tentang makanan, aku menenggelamkan diriku di bawah rakit. Air dingin di punggungku yang terbakar matahari menyejukkan dan membuat aku merasa lebih kuat. Aku berendam seperti itu untuk waktu yang lama, bertanya pada diri sendiri, mengapa aku pergi dengan Ramon Herrera ke dek buritan dan bukannya kembali ke tempat tidurku untuk berbaring. Aku mengingat tragedi itu menit demi menit dan aku memutuskan bahwa aku bodoh. Sebenarnya tidak ada alasan aku seharusnya menjadi salah satu korban: aku tidak berjaga-jaga, aku tidak diharuskan berada di geladak. Ketika aku menyimpulkan itu semua yang terjadi adalah karena nasib buruk, aku merasa cemas lagi. Tapi aku melihat ke jam tanganku dan itu menenangkanku. Hari itu bergerak cepat: saat itu pukul 11.30.

 

Bagaimana cara pelaut itu mencoba mengatasi pengalamannya melalui cerita diatas?

A

Dengan tetap berjaga-jaga

B

Dengan tidak khawatir

C

Dengan mengingat apa yang telah terjadi

D

Dengan mencoba melupakan masa lalu

Pembahasan:

Teks diatas termasuk ke dalam teks cerita ulang. Tujuan dari jenis teks ini adalah untuk menceritakan kembali pengalaman seseorang.

Struktur teks cerita ulang adalah :

  1. Orientasi (pengenalan)
  2. Peristiwa (Events)
  3. Reorientasi (pengulangan Pengenalan)


Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas, kita perlu mengadakan identifikasi respon dari karakter tersebut terhadap situasi yang dia hadapi.

Tergambarkan dalam cerita diatas bahwa pelaut tersebut tetap tenang sekalipun sedang hilang di lautan. Beberapa kalimat di paragraf ke-2, yaitu: Tetapi hari itu cerah dan hangat dan suara angin memberiku kekuatan baru untuk terus menunggu. Aku merasa sangat tenang di atas rakit kehidupan. Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun hidupku, aku benar-benar bahagia. terlepas dari apa yang sedang menimpanya, dia berusaha untuk tetap tenang dan tidak khawatir. pada beberapa kesempatan saat dia mengingat yang telah terjadi, dia mencoba mencari cara untuk mengalihkan pikirannya. Contohnya adalah:Ketika aku menyimpulkan itu semua yang terjadi adalah karena nasib buruk, aku merasa cemas lagi. Tapi aku melihat ke jam tanganku dan itu menenangkanku.


Sehingga jawaban yang paling tepat pilihan B yaitu pelaut tersebut mencoba untuk tidak khawatir.

Bahasa Indonesia Kelas 8 AKM PISA
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.577 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini