Latihan IPS Kelas VII Keruangan dan Interaksi Antarruang di Indonesia
# 8
Pilgan

Sumber: liputan6.com

Sumber daya alam pada gambar di atas memiliki beberapa manfaat, kecuali ....

A

dapat mencegah abrasi pantai

B

dapat menjadi objek wisata bahari

C

sebagai bahan dasar pembuatan garam

D

sumber obat-obatan dan budi daya rumput laut

Pembahasan:

Gambar di atas merupakan salah satu sumber daya alam yang ada di perairan laut Indonesia yaitu terumbu karang. Terumbu karang (coral reefs) adalah masyarakat organisme yang hidup di dasar perairan laut.

Terumbu karang sebagian besar dapat kita temui di perairan laut dangkal terutama daerah tropis. Hal tersebut dikarenakan ada terumbu karang yang hidup karena cahaya matahari dengan kedalaman laut 50 meter. Adapun terumbu karang di bawah laut yang tetap hidup tanpa cahaya matahari, namun tidak bersimbiosis/membentuk karang.

Terumbu karang terdiri dari jenis karang yang membuat kerangka kapur dari karbonat, kalsium, dan organisme lain yang hidup di karang tersebut.

Di Indonesia, terumbu karang sebagian besar berada di bagian tengah seperti Bali, Sulawesi, dan Lombok. Selain itu, terumbu karang juga dapat ditemukan di perairan laut Pulau Jawa, Kepulauan Riau, Papua, serta pantai barat dan ujung barat daya Pulau Sumatra.

Terumbu karang memiliki beberapa manfaat yaitu:

  • Potensi sektor perikanan. Ikan yang hidup di terumbu karang memiliki nilai ekonomis tinggi contohnya ikan kerapu. Selain ikan, terumbu karang juga bermanfaat sebagai rumah bagi berbagai jenis makhluk hidup laut lainnya.
  • Sumber obat-obatan dan budidaya rumput laut. Terumbu karang tumbuh dengan berbagai jenis rumput laut sehingga sering digunakan sebagai bahan makanan ringan dan obat-obatan.
  • Tempat wisata bahari. Keindahan dan keunikan terumbu karang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan menjadi lokasi favorit para pengunjung yang ingin melihat keindahan bawah laut.
  • Penghalang pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Terumbu karang menahan dan memecah gelombang sehingga mencegah abrasi dan kerusakan di sekitarnya. Abrasi adalah pengikisan pantai akibat gelombang laut. Jika abrasi terus dibiarkan, maka pantai akan rusak dan tidak bisa digunakan sebagai tempat wisata. Di sisi lain, abrasi yang terjadi terus menerus, membuat air laut akan mulai membanjiri daerah pantai.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang tidak termasuk dalam manfaat terumbu karang adalah sebagai bahan dasar pembuatan garam. Garam dihasilkan dari penguapan air laut dan diolah oleh manusia di pesisir pantai.