Latihan IPS Kelas VII Keruangan dan Interaksi Antarruang di Indonesia
# 6
Pilgan

Bentuk perubahan orientasi mata pencaharian masyarakat yang pindah ke wilayah perkotaan adalah ....

A

dari petani beralih menjadi pekerja pabrik

B

dari petani beralih jadi penjual hasil pertanian

C

dari peternak ikan beralih menjadi peternak ayam

D

dari pedagang toko sembako beralih menjadi pedagang alat elektronik

Pembahasan:

Pada umumnya, setiap orang memiliki orientasi mata pencaharian masing-masing berdasarkan kepentingan ekonomi. Ada yang tetap bertahan dengan pekerjaan yang sama, ada pula yang mulai meninggalkan dunia pekerjaannya dan beralih ke profesi lain.

Wilayah tempat tujuan pergerakan penduduk, umumnya memiliki berbagai jenis pekerjaan dan berkaitan dengan kebutuhan akan barang serta jasa. Berdasarkan orientasi pekerjaan di wilayah kota, terjadi perubahan yaitu sebelumnya masyarakat berorientasi pada sumber daya alam seperti petani/peternak, kini beralih profesi menjadi penyedia jasa/pegawai suatu perusahaan yang tidak lagi berorientasi pada sumber daya alam.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka bentuk perubahan orientasi mata pencaharian masyarakat yang pindah ke wilayah perkotaan pada soal di atas adalah dari petani beralih menjadi pekerja pabrik.


*Sementara itu, dari petani beralih jadi penjual hasil pertanian, dari peternak ikan beralih menjadi peternak ayam, dan dari pedagang toko sembako beralih menjadi pedagang alat elektronik tidak menunjukkan adanya perubahan orientasi mata pencaharian. Semua masih sama-sama bergerak di bidang pertanian, peternakan, dan perdagangan.