kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 2/Kegemaranku
Subtema
: 1. Gemar Berolahraga
Muatan Terpadu
: Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya dan Prakarya, Bahasa Inggris, Umum
Kelas/Semester
: 1/1
Alokasi Waktu
: 3 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
  2. Siswa dapat mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
  3. Siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat.
  4. Siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat dan percaya diri.
  5.  Siswa mampu membedakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
  6. Siswa dapat memeragakan bunyi buatan.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
  1. Orientasi : Guru melakukan pembukaan dengan membaca doa dan memberi salam.
  2. Apersepsi : Guru akan membahas materi yang berhubungan dengan materi sebelumnya dan membahas secara singkat mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari dan membawa siswa ke lapangan olahraga.
  3. Motivasi : Guru akan memberi gambaran yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti
  1. Siswa mengamati gambar yang menyertai teks dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks dan makna gambar tersebut. (berpikir kritis)
  2. Siswa mengidentifikasi kalimat dan memberi tanda centang jika kalimat tersebut sesuai dengan teks. (HOTS)
  3. Siswa melingkari kata yang berhubungan dengan olahraga. (memecahkan masalah)
  4. Siswa bercerita tentang manfaat olahraga dengan bantuan gambar. (berpikir kritis)
  5. Siswa melakukan gerakan dalam bermain simpai yang sudah dicontohkan guru. (kreatif)
  6. Siswa memeragakan bunyi salah satu benda yang telah disebutkan. (kreatif, inovatif)
Penutup
  1. Guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan siswa dan meminta siswa untuk melakukan refleksi kegiatan pada hari itu.
  2. Kelas ditutup dengan doa bersama.
Penilaian Sikap

Observasi mengenai sikap kreatif siswa dalam melakukan gerakan dalam bermain simpai dan memeragakan bunyi salah satu benda.

Penilaian Pengetahuan

Melalui pertanyaan tentang olahraga dan manfaatnya.

Penilaian Keterampilan

Praktik dalam melakukan gerakan bermain simpai dan memeragakan bunyi suatu benda.