kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

Nama Sekolah
: kejarcita
Tema/Bab
: 10/Teknologi Ramah Lingkungan
Subtema
: Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan
Muatan Terpadu
: IPA
Kelas/Semester
: 9/2
Alokasi Waktu
: 5 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran

Melalui diskusi dan penelusuran informasi berbagai media, siswa dapat mengidentifikasi bentuk aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam berbagai bidang.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
  1. Guru membuka pembelajaran dengan memberi salam.

Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa 

  1. Guru memberikan apersepsi dengan mengaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti

Menyajikan informasi

  1. Guru menyampaikan bentuk permasalahan teknologi tidak ramah lingkungan di sekitar, seperti adanya kelangkaan BBM atau gas elpiji.
  2. Guru mengajak siswa berdiskusi tentang permasalahan yang disajikan.

Mengorganisir siswa ke dalam kelompok belajar

  1. Guru meminta siswa membentuk kelompok sebanyak delapan kelompok.
  2. Guru menampilkan video mengenai salah satu penerapan teknologi ramah lingkungan.
  3. Guru meminta siswa membuat laporan mengenai penerapan teknologi ramah lingkungan lainnya dengan setiap kelompok membahas topik yang berbeda-beda.

Membimbing kelompok siswa bekerja dan belajar

  1. Siswa berdiskusi untuk menentukan topik yang dipilih.
  2. Siswa mulai melakukan penelusuran untuk mengumpulkan informasi terkait topik yang dipilih.

Evaluasi 

  1. Setiap kelompok menyusun laporan dan membuat presentasi pada media PPT.
  2. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
  3. Guru membimbing tanya-jawab.
  4. Guru memberikan konfirmasi terhadap penerapan teknologi ramah lingkungan.

Memberikan penghargaan

  1. Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang disiplin mengumpulkan tugas, menampilkan tugas dalam bentuk PPT terbaik, dan mempresentasikan hasil diskusinya dengan jelas.
Penutup
  1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
  2. Guru mengecek pemahaman siswa dengan memberi tes tertulis.
  3.  Guru menutup pembelajaran.
Penilaian Sikap

Penilaian sikap  rasa ingin tahu, kerjasama, dan peduli lingkungan saat penelusuran informasi dan diskusi melalui catatan jurnal.

Penilaian Pengetahuan

Penilaian berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak lima soal mengenai penerapan teknologi ramah lingkungan.

Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan dalam komunikasi saat diskusi dan presentasi melalui lembar observasi.