kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

Nama Sekolah
: kejarcita
Tema/Bab
: 2/Pertidaksamaan Nilai Mutlak
Subtema
: Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
Muatan Terpadu
: Matematika
Kelas/Semester
: 10/1
Alokasi Waktu
: 4 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran

1. Setelah memperhatikan materi pertidaksamaan nilai mutlak, pecahan, dan irrasional, peserta didik dapat memahami dan menjelaskan konsep nilai mutlak dengan baik.

2. Setelah memperhatikan materi pertidaksamaan nilai mutlak, pecahan, dan irrasional, peserta didik dapat menentukan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak, pecahan, dan irrasional dengan benar.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa dilanjutkan dengan melakukan presensi kehadiran siswa sebagai penilaian kedisiplinan siswa

2. Guru melakukan apersepsi dan motivasi serta menjelaskan apa saja yang akan dipelajari termasuk tujuannya .

Kegiatan Inti

1. Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali terkait materi pertidaksamaan nilai mutlak, pecahan, dan irasional yang ditayangkan oleh guru

2. Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan

3. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan saling bertukar informasi

4. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh individu di kelompok lain untuk mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

5. Guru memberikan latihan soal tentang menyelesaikan pertidaksamaan nilai mutlak, pecahan, dan irasional kemudian membahas bersama-sama dengan peserta didik

6. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari.

Penutup

1. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran 

2. Guru memberikan penilaian dengan tes lisan dan tertulis

3. Guru memimpin berdoa dan memberikan salam penutup.



Penilaian Sikap

Disiplin mengikuti kegiatan pembelajaran.

Penilaian Pengetahuan

Tes tertulis (soal pilihan ganda) menggunakan google form.

Penilaian Keterampilan

Praktik (terampil dalam melakukan presentasi dan menjelaskan materi pertidaksamaan).