kejarcita-logo

Kegiatan Pembelajaran

Nama Sekolah
: Kejarcita
Tema/Bab
: 4/Sehat Itu Penting
Subtema
: 1. Peredaran Darahku Sehat
Muatan Terpadu
: IPS, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester
: 5/1
Alokasi Waktu
: 4 JP
Metode pembelajaran
: -
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan menyimpulkan isi teks tentang tanggung jawab anggota kelompok dalam melaksanakan tugas, siswa dapat menjelaskan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dengan benar.
  2. Dengan kegiatan membaca dan mengamati gambar contoh aktivitas masyarakat, siswa dapat membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang upaya pembangunan sosial budaya secara rinci.
  3. Dengan kegiatan membaca contoh pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun dewasa, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pantun sesuai pantun yang dibaca.
  4. Dengan kegiatan menulis pengertian pantun, siswa dapat membuat pantun dan menunjukkan unsur-unsur pantun yang dibuat secara tepat.
  5. Dengan mengamati gambar dan membaca contoh aktivitas masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya sesuai bacaan.
  6. Dengan kegiatan mengemukakan pendapat, siswa dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara tertulis.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
  1. Orientasi : Melakukan pembukaan dengan membaca doa dan memberi salam.
  2. Apersepsi : Mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
  3. Motivasi : Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan dari kegiatan pembelajaran.
Kegiatan Inti
  1. Siswa mengamati gambar dan membaca narasi yang terdapat pada buku siswa untuk menuliskan tanggung jawab setiap anggota kelompok. (berpikir kritis, memecahkan masalah)
  2. Siswa membaca contoh pantun yang terdapat dalam buku siswa. (kreatif, inovatif)
  3. Siswa mengidentifikasi isi pantun serta menyebutkan bagian-bagian dan ciri-ciri yang terdapat pada pantun tersebut. (berpikir kritis, HOTS, memecahkan masalah)
  4. Siswa menuliskan pengertian dari pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. (berpikir kritis)
  5. Siswa membuat sebuah pantun dan menunjukkan unsur-unsur pantun yang telah dibuat. (kreatif, berpikir kritis, memecahkan masalah)
  6. Siswa mengamati gambar kegiatan gotong royong. (berpikir kritis)
  7. Siswa mengamati aktivitas masyarakat di sekitar tempat tinggalnya dalam upaya pembangunan sosial budaya serta membuat laporan hasil observasi. (berpikir kritis, memecahkan masalah)
  8. Siswa menganalisis contoh kasus yang terdapat pada buku siswa dan menuliskan jawaban beserta alasannya. (berpikir kritis, memecahkan masalah, HOTS)
  9. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat. (berpikir kritis, HOTS)
Penutup
  1. Mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan siswa dan meminta siswa untuk melakukan refleksi kegiatan.
  2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari (untuk mengetahui hasil pencapaian siswa)
  3. Memberi pengarahan kepada siswa untuk belajar di rumah.
  4. Kelas akan ditutup dengan doa bersama.
Penilaian Sikap

Guru menilai sikap berpikir kritis dan sikap gotong royong siswa dengan melakukan pengamatan.

Penilaian Pengetahuan

Melalui tes tertulis untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengetahui makna tanggung jawab beserta penjelasan lebih dalam mengenai pantun.

Penilaian Keterampilan

Pengamatan terhadap kemampuan siswa dalam membuat pantun dan  berdiskusi dengan anggota kelompoknya.