Contoh Soal

Karakteristik Geografis dan Kehidupan Negara-Negara ASEAN – IPS SD

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

Daftar
Daftar untuk membagikan
    1.

    Pertemuan yang dilakukan untuk membahas hak perempuan dan anak di ASEAN adalah ....

    A

    ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW)

    B

    ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER)

    C

    ASEAN Ministerial Meeting on Social Welfare and Development (AMMSWD)

    D

    ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children (ACWC) 

    Pembahasan:

    Permasalahan sosial terkait hak perempuan dan anak menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh negara-negara di Asia Tenggara. Permasalahan tersebut dapat berupa kekerasan, perdagangan perempuan dan anak yang meresahkan setiap negara. Perdagangan tersebut sering terjadi di negara berkembang dan dapat disebabkan oleh kemiskinan, ketimpangan gender, dan kurangnya pendidikan.

    Pada tahun 2019, ASEAN mengadakan pertemuan di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam dalam rangka membahas perlindungan hak perempuan dan anak. Setiap anggota ASEAN ikut berpartisipasi dalam pertemuan ASEAN Commision on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children (ACWC) ke-19.

    Pertemuan ACWC dilakukan terkait upaya mendukung dan melindungi hak-hak perempuan dan anak di ASEAN. Para negara anggota ASEAN melakukan pertemuan ACWC sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak di ASEAN. ACWC sepakat untuk melaksanakan kampanye publik regional tentang perdagangan manusia dan kekerasan terhadap perempuan. Selain itu, juga telah disusun rencana untuk lima tahun ke depan dalam mengutamakan hak penyandang disabilitas.

    Jadi, pertemuan yang dilakukan untuk membahas hak perempuan dan anak di ASEAN adalah ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children (ACWC). 

    2.

    Wilayah di Kamboja merupakan daerah yang sangat subur karena dialiri oleh ....

    A

    Sungai Merah

    B

    Sungai Mekong

    C

    Sungai Irawadi

    D

    Sungai Chao-Phraya

    Pembahasan:

    Kamboja merupakan negara di Asia tenggara yang terletak di Semenanjung Indocina. Bagian tengah negara Kamboja adalah dataran rendah yang dikenal dengan Dataran Rendah Besar Tonle Sap. Dataran rendah tersebut merupakan salah satu kenampakan alam terunik di Kamboja.

    Di sekeliling dataran rendah terdapat pegunungan dan dataran tinggi (plato). Puncak tertinggi di Kamboja adalah Gunung Cardamom dengan ketinggian mencapai 1.813 mdpl. Wilayah di Kamboja merupakan daerah yang sangat subur karena dialiri oleh Sungai Mekong.

    sumber: idntimes.com


    Sementara itu, Sungai Merah, Sungai Irawadi, dan Sungai Chao-Phraya mengaliri negara ASEAN lainnya.

    *Sungai Merah → merupakan sungai yang mengaliri dataran rendah negara Vietnam.

    *Sungai Irawadi → merupakan sungai yang mengaliri bagian tengah negara Myanmar.

    *Sungai Chao-Phraya → merupakan sungai yang mengaliri dataran rendah negara Thailand.

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Kesamaan karakteristik geografis di negara-negara ASEAN salah satunya adalah ....

    A

    memiliki iklim tropis

    B

    memiliki banyak laut

    C

    tidak dilewati gunung api

    D

    memiliki wilayah dataran tinggi yang luas

    Pembahasan:

    Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi kerja sama regional negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Awalnya, ASEAN dibentuk oleh negara-negara yang memiliki sejarah yang sama yaitu menjadi tempat penjajahan (kecuali Thailand). Negara anggota ASEAN terdiri dari 10, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Kamboja, Singapura, dan Vietnam.

    ASEAN dibentuk dengan tujuan menjalin kerja sama antarnegara yang berada di kawasan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan. Karakteristik geografis di negara-negara ASEAN umumnya mempunyai kesamaan yaitu:

    • wilayah dengan dataran rendah yang luas,
    • memiliki iklim tropis,
    • mempunyai banyak sungai,
    • dilewati jalur Pegunungan Sirkum Pasifik sehingga memiliki banyak gunung api

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai salah satu kesamaan karakteristik geografis di negara-negara ASEAN pada soal di atas adalah memiliki iklim tropis.


    4.

    Umumnya kegiatan perekonomian penduduk di Singapura bergerak di bidang ....

    A

    jasa, industri, dan kehutanan

    B

    jasa, industri, dan perdagangan

    C

    industri, perdagangan, dan pertanian

    D

    jasa, perdagangan, dan pertambangan

    Pembahasan:

    Singapura merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Namun, Singapura termasuk dalam kategori negara maju karena perekonomiannya yang berkembang pesat dan memiliki pendapatan tertinggi di Asia Tenggara.

    Dalam kekayaan alam, Singapura termasuk negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat minim, sehingga umumnya perekonomian di Singapura digerakkan oleh bidang jasa, industri, dan perdagangan. Singapura menyadari kekurangannya dalam sumber daya alam, sehingga negara tersebut berfokus pada pengembangan industri dan mengimpor sumber daya alam dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industrinya.

    Selain itu, Singapura juga mampu membuat daratan baru yang begitu banyak dengan melakukan reklamasi (pengurukan) pantai untuk menampung jumlah penduduk yang semakin bertambah.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai kegiatan perekonomian penduduk di Singapura secara umum bergerak di bidang jasa, industri, dan perdagangan.


    *Sementara itu, kehutanan, pertanian, dan pertambangan tidak termasuk perekonomian yang dijalankan oleh Singapura karena keterbatasan sumber daya alam.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Upaya yang bisa dilakukan ASEAN dalam aksi pencegahan kekerasan terhadap anak adalah ....

    A

    menganalisis tingkat kekerasan anak yang terjadi di masyarakat

    B

    melindungi anak yang sudah mendapat tindakan kekerasan

    C

    menghukum masyarakat yang melakukan tindak kekerasan

    D

    meningkatkan kesadaran masyarakat tentang efek berbahaya dari kekerasan anak

    Pembahasan:

    Salah satu upaya ASEAN dalam mengatasi permasalahan kekerasan terhadap anak di negara anggotanya, yaitu melakukan Rencana Aksi Regional ASEAN untuk Penghapusan Kekerasan terhadap anak/ASEAN Regional Plan of Action on the Elimination of Violence against Children (ASEAN RPA on EVAC).

    Aksi tersebut terdiri dari (1) Pencegahan, (2) Perlindungan, Tanggapan dan Layanan Dukungan, (3) Kerangka Hukum, Penuntutan dan Sistem Peradilan, (4) Peningkatan Kapasitas, (5) Penelitian dan Kolaborasi Data, (6) Manajemen, Koordinasi, Pemantauan dan Evaluasi, (7) Kemitraan dan Kolaborasi, (8) Tinjauan dan Komunikasi Regional.

    Upaya yang dilakukan ASEAN dalam melakukan aksi pencegahan adalah sebagai berikut.

    • Mengembangkan pedoman ASEAN tentang pendekatan tanpa kekerasan dalam memelihara dan merawat anak, untuk perkembangan anak di semua situasi (sekolah, masyarakat, pusat peradilan anak, lembaga pengasuhan alternatif).
    • Meningkatkankan kesadaran masyarakat tentang efek berbahaya dari bentuk kekerasan anak melalui pendidikan formal dan informal (misalnya lewat media sosial dan tradisional).
    • Memperkuat pelayanan pengasuhan keluarga alternatif dalam rangka mengurangi kekerasan anak di bawah usia tiga tahun (misalnya adopsi, pengangkatan anak).
    • Mengembangkan langkah pencegahan terhadap kekerasan di dunia maya (perundungan dan eksploitasi seksual) dan memastikan langkah pencegahan tersebut diperluas termasuk rumah, sekolah, masyarakat, dan sektor bisnis.

    Jadi, upaya yang bisa dilakukan ASEAN dalam aksi pencegahan kekerasan terhadap anak adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang efek berbahaya dari kekerasan anak.

    6.

    Kepadatan penduduk yang tinggi di suatu negara dapat disebabkan oleh ....

    A

    tingkat kelahiran yang rendah

    B

    pembangunan yang tidak merata

    C

    tingginya tingkat konsumsi masyarakat

    D

    fasilitas dan sarana terpenuhi di semua daerah

    Pembahasan:

    Kepadatan penduduk merupakan masalah sosial yang diakibatkan tingginya jumlah penduduk di suatu wilayah. Kepadatan penduduk juga dialami oleh negara-negara di ASEAN.

    Kepadatan penduduk yang tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

    • tingkat kelahiran yang tinggi,
    • pembangunan yang tidak merata,
    • kondisi alam dan iklim yang tidak mendukung, dan
    • keamanan wilayah.

    Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang benar mengenai faktor penyebab kepadatan penduduk adalah pembangunan yang tidak merata.

    *Pembangunan yang tidak merata menyebabkan masyarakat memilih pindah ke wilayah lain yang lebih baik dari segi fasilitas, sarana, dan perekonomian. Contohnya adalah Pulau Jawa yang menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian menjadi daya tarik bagi masyarakat di pulau lain yang masih tertinggal.

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Di bawah ini yang termasuk dalam tindakan kriminalitas adalah ....

    A

    melakukan korupsi

    B

    memuji karya seseorang

    C

    persaingan antargrup basket

    D

    mempelajari budaya dari negara lain

    Pembahasan:

    Kriminalitas termasuk dalam tindakan kejahatan yang dilakukan untuk memenuhi kepentingan tertentu dengan cara melanggar hukum dan merugikan orang lain. Sanksi tegas terhadap tindakan kriminal dapat berupa hukuman penjara atau denda.

    Tindakan kriminal contohnya adalah pencurian, perampokan, pemerkosaan, melakukan korupsi, dan pembunuhan. Motif atau penyebab seseorang melakukan tindakan kriminal cukup beragam, ada yang disebabkan faktor ekonomi, mengejar keuntungan atau kekayaan, mengejar kekuasaan atau jabatan, motif balas dendam, atau sekedar mencari perhatian.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka yang termasuk tindakan kriminal adalah melakukan korupsi. Korupsi merupakan tindakan yang dapat merugikan orang banyak dengan menyalahgunakan jabatannya demi kepentingan sendiri atau golongannya.

    8.

    Pencemaran air akan berdampak buruk bagi lingkungannya, kecuali ....

    A

    terganggunya ekosistem di dalam air

    B

    hilangnya air bersih yang dibutuhkan masyarakat

    C

    mengancam kesehatan manusia

    D

    berkurangnya udara bersih

    Pembahasan:

    Pencemaran air termasuk salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh setiap negara termasuk ASEAN. Aktivitas yang menyebabkan timbulnya pencemaran air sangat beragam, yaitu membuang sampah di perairan (sungai, laut, danau), membuang limbah detergen, membuang limbah industri pabrik yang belum diolah sehingga bersifat racun, tumpahan minyak dari kapal, serta membuang kotoran dan sisa makanan ternak ke perairan.

    Pencemaran air akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitarnya, yaitu:

    • mengancam kesehatan manusia. Sumber air yang telah tercemar dan tetap dikonsumsi oleh manusia akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti kolera, disentri, diare, hepatitis A, keracunan timbal, malaria, polio, dan infeksi mata;
    • hilangnya air bersih yang dibutuhkan masyarakat. Sumber air bersih yang sudah tercemar tidak bisa dikonsumsi oleh manusia karena sudah bersifat racun;
    • terganggunya ekosistem di dalam air. Benda yang mencemari air akan membuat air bersifat racun dan mengganggu keseimbangan ekosistem di dalamnya, contohnya kematian ikan dan hewan air lainnya.

    Jadi, yang tidak termasuk dampak dari pencemaran air adalah berkurangnya udara bersih.

    *Berkurangnya udara bersih merupakan dampak dari pencemaran udara.

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Salah satu masalah sosial di semua negara ASEAN yang berkaitan dengan tindakan melawan hukum dan merugikan orang lain adalah ....

    A

    kriminalitas

    B

    kemiskinan

    C

    pengangguran

    D

    kepadatan penduduk

    Pembahasan:

    Negara ASEAN merupakan negara yang memiliki tujuan yang sama dalam memajukan kehidupan masyarakat di negaranya. Karakteristik geografis negara ASEAN yang memiliki kesamaan, membuat masalah sosial di negara-negara ASEAN menjadi serupa.

    Salah satu masalah sosial yang ada di semua negara ASEAN yang berkaitan dengan tindakan melawan hukum dan merugikan orang lain adalah kriminalitas. Tindakan kriminal contohnya adalah pencurian, perampokan, pemerkosaan, melakukan korupsi, dan pembunuhan. Motif atau penyebab seseorang melakukan tindakan kriminal cukup beragam, ada yang disebabkan faktor ekonomi, mengejar keuntungan atau kekayaan, mengejar kekuasaan atau jabatan, motif balas dendam, atau sekedar mencari perhatian.

    10.

    Mayoritas penduduk di Brunei Darussalam memeluk agama ....

    A

    Buddha

    B

    Kristen

    C

    Islam

    D

    Hindu

    Pembahasan:

    Brunei Darussalam merupakan negara di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan dan satu daratan dengan Indonesia. Brunei Darussalam berbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan dan Malaysia. Brunei memiliki luas wilayah sekitar 5.765 km2.

    Jumlah penduduk Brunei hingga tahun 2020 mencapai 437.479 jiwa. Penduduk Brunei Darussalam didominasi oleh orang Melayu, selebihnya adalah keturunan Tionghoa dan Dayak. Agama yang dianut oleh penduduk Brunei sebagian besar adalah Islam, sementara agama lain yang dianut adalah Buddha dan Kristen.

    Jadi, mayoritas penduduk di Brunei Darussalam memeluk agama Islam.

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis