Contoh Soal

Karakteristik Geografi Wilayah Indonesia – IPS SD

Sampel materi untuk guru yang ingin cari soal latihan. Temukan bank soal lengkap dan update dengan cara mendaftar gratis. Kirim soal-soal ini ke murid di kelas Bapak/Ibu Guru lewat Google Classroom, dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung!

Daftar
Daftar untuk membagikan
    1.

    Pulau di Indonesia yang termasuk dalam 5 pulau terbesar di dunia adalah ....

    A

    Pulau Kalimantan dan Papua

    B

    Pulau Jawa dan Pulau Papua

    C

    Pulau Sumatra dan Pulau Jawa

    D

    Pulau Kalimantan dan Sulawesi

    Pembahasan:

    Pulau adalah tanah/daratan yang dikelilingi oleh laut. Indonesia memiliki banyak pulau yang tersebar di beberapa wilayah.

    Beberapa pulau yang berada di Indonesia termasuk dalam 5 pulau terbesar yang ada di dunia yaitu Pulau Kalimantan dan Pulau Papua.

    • Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia yang wilayahnya terbagi menjadi 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam
    • Pulau Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia yang wilayahnya terbagi menjadi 2 negara yaitu Indonesia dan Papua Nugini


    *Sementara itu, Pulau Jawa, Pulau Sumatra dan Pulau Sulawesi tidak termasuk dalam 5 Pulau terbesar di dunia.

    2.

    Wilayah di Indonesia yang menggunakan sungai sebagai tempat untuk melakukan perdagangan adalah ....

    A

    Kalimantan Tengah

    B

    Kalimantan Timur

    C

    Kalimantan Barat

    D

    Kalimantan Selatan

    Pembahasan:

    Sungai merupakan kenampakan alam perairan yang dapat ditemui di Indonesia. Sungai adalah aliran air yang teratur dan mengalir dari hulu (atas) ke hilir (bawah).

    Masyarakat memanfaatkan sungai untuk melakukan berbagai aktivitas, yaitu menjadikan sarana transportasi antarwilayah dan tempat untuk melakukan perdagangan.

    Wilayah di Indonesia yang melakukan kegiatan perdagangan adalah masyarakat di sekitaran Sungai Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masyarakat memanfaatkan Sungai Barito sebagai pasar yang disebut Pasar Terapung Muara Kuin. Selain Kalimantan Selatan, pasar terapung juga terdapat di wilayah Kalimantan Utara, Sumatra Utara, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai wilayah di Indonesia yang memanfaatkan sungai sebagai tempat perdagangan, salah satunya adalah di Kalimantan Selatan.

    sumber: tempatwisatamu.com

    Ingin coba latihan soal dengan kuis online?

    Kejar Kuis
    3.

    Sebagai negara maritim, pekerjaan yang banyak dilakukan oleh penduduk Indonesia adalah ....

    A

    petani

    B

    nelayan

    C

    pedagang

    D

    peternak

    Pembahasan:

    Negara maritim adalah negara yang memiliki kekuasaan laut yang luas dan memiliki kekayaan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Luas lautan di Indonesia melebihi luas daratannya.

    Kondisi laut Indonesia yang sangat luas berpotensi dalam meningkatkan ekonomi negara dan masyarakat yaitu dengan cara memanfaatkan sumber daya alam di bidang kelautan. Sebagai negara maritim, pekerjaan yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia dalam bidang kelautan adalah nelayan.

    Nelayan memanfaatkan sumber daya alam laut dengan menangkap ikan dan berbagai jenis hewan laut lainnya untuk dijual kepada konsumen.

    4.

    Lagu daerah yang berasal dari Papua adalah ....

    A

    Apuse

    B

    Gundul Pacul

    C

    Cik-cik Periok

    D

    Burung Kakatua

    Pembahasan:

    Selain suku bangsa, Indonesia juga memiliki banyak kesenian daerah. Kesenian daerah merupakan bentuk karya seni yang berciri khas yang ditampilkan melalui tarian, upacara adat, pertunjukan umum, atau musik kreasi.

    Setiap provinsi di Indonesia memiliki kesenian daerah yang berbeda-beda, termasuk lagu daerah. Lagu daerah adalah lagu/musik yang berasal dari daerah tersebut. Lagu daerah yang berasal dari Papua adalah Apuse.dan Yamko Rambe Yamko.

    Lagu "Apuse" menceritakan tentang cucu yang berpamitan pada kakek dan neneknya untuk pergi merantau ke Teluk Doreri di Manokwari.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, lagu daerah yang berasal dari Papua adalah Apuse.


    *Gundul Pacul → merupakan lagu daerah dari DI Yogyakarta.

    *Cik-cik Periok → merupakan lagu daerah dari Kalimantan Barat.

    *Burung Kakatua → merupakan lagu daerah dari Maluku.

    Ingin cari soal-soal HOTS?

    Soal HOTS
    5.

    Potensi wilayah Indonesia berdasarkan letak astronomis adalah ....

    A

    sebagai jalur penerbangan internasional

    B

    sebagai jalur perdagangan internasional

    C

    sebagai penyedia sumber daya mineral untuk industri

    D

    sebagai lahan pertanian dan perkebunan

    Pembahasan:

    Indonesia memiliki letak astronomis, letak geografis dan letak geologis. Masing-masing letak memberikan potensi bagi Indonesia. Letak astronomis adalah letak suatu negara berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang di Indonesia menyebabkan Indonesia mengalami iklim tropis dan garis bujur menyebabkan pembagian 3 daerah waktu yang memiliki selisih 1 jam.

    Indonesia berada pada iklim tropis yang memengaruhi curah hujan dan suhu udara. Iklim tropis menyebabkan Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Keunggulan dari letak astronomis Indonesia adalah

    • memiliki suhu yang hangat dan tidak bersalju sehingga nyaman untuk ditinggali,
    • curah hujan yang tinggi sehingga tanah di Indonesia menjadi subur.

    Keunggulan letak astronomis Indonesia menyebabkan Indonesia berpotensi sebagai lahan pertanian dan perkebunan karena memiliki tanah yang subur. Selain itu, iklim tropis juga berpengaruh dalam keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia.

    6.

    Keberagaman laut di Indonesia membuat masyarakat sekitarnya memilih bekerja sebagai ....

    A

    petani

    B

    nelayan

    C

    peternak

    D

    pengusaha

    Pembahasan:

    Indonesia merupakan negara kepulauan dan negara maritim. Indonesia termasuk dalam satu negara maritim terbesar di Indonesia karena memiliki lautan yang sangat luas.

    Keberagaman laut di Indonesia membuat masyarakat di sekitarnya memilih bekerja sebagai nelayan. Hasil tangkapan nelayan sangat bervariasi yaitu ikan tuna, lobster, rumput laut, teripang dan udang.

    Selain sebagai sumber mata pencaharian nelayan, laut di Indonesia juga digunakan sebagai objek wisata laut dan sarana transportasi antar pulau.


    *petani → memanfaatkan lahan daratan, seperti kawasan pegunungan, gunung dan dataran tinggi

    *peternak memanfaatkan lahan dataran tinggi dan dataran rendah

    *pengusaha memanfaatkan lahan dataran rendah

    Ingin cari soal-soal AKM?

    Hubungi Kami
    7.

    Perhatikan gambar berikut!

    sumber: id.wikipedia.org

    Gambar di atas merupakan salah satu kekayaan alam di Indonesia yang dapat digunakan masyarakat sebagai ....

    A

    tempat pertambangan minyak

    B

    memelihara dan membudidayakan ikan nila

    C

    bahan baku untuk membuat makanan ringan

    D

    bahan baku untuk pembuatan obat dan kosmetik

    Pembahasan:

    Indonesia termasuk negara maritim karena memiliki luas lautan yang lebih besar daripada luas daratannya. Laut merupakan kenampakan alam perairan yang berpotensi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

    Gambar di atas merupakan terumbu karang yang dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat maupun biota laut. Salah satu manfaat terumbu karang adalah digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat dan kosmetik. Berbagai jenis ganggang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kosmetik dan bahan pembungkus kapsul. Berbagai hewan laut pun diketahui memiliki senyawa kimia yang berguna sebagai bahan antibiotik, anti radang, dan anti kanker. 

    Selain itu, terumbu karang juga dapat dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. Salah satu terumbu karang yang terkenal di Indonesia adalah Taman Laut Bunaken yang ada di Sulawesi Utara.

    8.

    Ciri yang menunjukkan Indonesia sebagai negara maritim adalah ....

    A

    terdiri dari banyak pulau

    B

    memiliki banyak gunung api

    C

    berorientasi pada sektor pertanian

    D

    memiliki kekuasaan laut yang sangat luas

    Pembahasan:

    Negara maritim adalah negara yang memiliki kekuasaan laut yang luas dan memiliki kekayaan sumber daya alam sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia. Maritim sendiri adalah laut. Konsep negara maritim adalah mengedepankan pemanfaatan sumber daya alam kelautan untuk kepentingan negara dan masyarakatnya.

    Sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari lautan sehingga tidak dapat dipisahkan oleh laut. Luas lautan di Indonesia melebihi luas daratannya. Oleh karena itu, Indonesia disebut juga sebagai negara maritim karena memiliki kekuasaan laut yang sangat luas. Laut yang dimiliki Indonesia berpotensi untuk meningkatkan ekonomi negara dan masyarakatnya dengan berfokus pada pemanfaatan sumber daya alam pada bidang kelautan.

    Ingin tanya tutor?

    Tanya Tutor
    9.

    Sebagai negara agraris, Indonesia terkenal dengan hasil perkebunannya yaitu ....

    A

    ubi

    B

    tebu

    C

    cabai

    D

    singkong

    Pembahasan:

    Negara agraris merupakan negara yang sebagian besar penduduk bekerja di bidang sektor pertanian. Selain sebagai negara maritim, Indonesia juga disebut sebagai negara agraris karena mata pencaharian masyarakat banyak yang bergerak di bidang pertanian.

    Indonesia terletak pada daerah yang memiliki curah hujan tinggi sehingga sehingga berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan subur. Daratan Indonesia juga kaya akan makanan dari berbagai jenis tanaman dan mengandung jenis sumber mineral.

    Hasil pertanian Indonesia berupa bahan pangan seperti padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, ubi, singkong, dan cabai. Selain pertanian, Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya berupa karet, kelapa sawit, kopi, tebu, tembakau, dan kapas.

    Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai hasil perkebunan masyarakat Indonesia pada soal di atas adalah tebu.

    *Tebu dimanfaatkan sebagai bahan baku gula pasir.

    Sumber: mediajatim.com

    10.

    Bagian tanah yang mencapai tinggi 600 meter di atas permukaan laut dan menyerupai kerucut disebut ....

    A

    gunung

    B

    pegunungan

    C

    dataran tinggi

    D

    dataran rendah

    Pembahasan:

    Bumi memiliki berbagai kenampakan alam perairan dan daratan. Daratan adalah permukaan bumi yang dapat dipijak dan tidak tertutup oleh air, sedangkan perairan adalah kumpulan air yang ada di wilayah tertentu.

    Keberagaman kenampakan alam daratan di bumi terbagi menjadi pegunungan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah dan pantai. Bagian tanah yang memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan menyerupai kerucut disebut gunung.

    Indonesia sebagai negara kepulauan dikenal sebagai negara yang memiliki banyak gunung. Gunung yang ada di Indonesia terdiri dari 2 jenis, yaitu gunung berapi (Gunung Merapi, Gunung Anak Krakatau, Gunung Kelud) dan gunung tidak berapi (Gunung Merbabu, GunungBromo, Gunung Slamet).


    *pegunungan → adalah barisan gunung-gunung di suatu wilayah

    *dataran tinggi → adalah daratan datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut

    *dataran rendah → daratan datar yang memiliki ketinggian 0 - 200 meter di atas permukaan laut

    Daftar dan dapatkan akses ke puluhan ribu soal lainnya!

    Buat Akun Gratis