Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Identifikasi Informasi Teks Tanggapan

Soal

Pilgan

Berikut ini yang merupakan kutipan tanggapan kontra adalah ...

A

Kehadiran video game mendapatkan apresiasi yang sangat baik di kalangan remaja. Hal ini dapat menumbuhkan kreativitas dan daya reaksi selama permainan tidak dimainkan secara berulang-ulang.

B

Munculnya video game sebagai perkembangan teknologi perlu disikapi dengan berbagai sudut pandang baik positif maupun negatif.

C

Penelitian membuktikan bahwa gamer yang bermain 18 jam per minggu memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata setara kemampuan atlet.

D

Video game dapat menimbulkan efek ketagihan, membuat orang terisolir dengan kehidupan sekitarnya, dan membuat orang menjadi malas.

Pembahasan:

Pada teks tanggapan kritis, terdapat tanggapan yang mendukung (pro) dan tanggapan yang menolak (kontra). Tanggapan yang mendukung berisi pernyataan yang mendukung isu, sebaliknya tanggapan yang menolak berisi pernyataan yang menolak isu. Pada kutipan teks tersebut tanggapan yang menolak isu atau tanggapan kontra adalah pernyataan

Video game dapat menimbulkan efek ketagihan, membuat orang terisolir dengan kehidupan sekitarnya, dan membuat orang menjadi malas.

Karena tanggapan tersebut merupakan pernyataan yang melemahkan mengenai isu yang tengah diangkat, yaitu hadirnya video game di kalangan remaja.

K13 Kelas IX Bahasa Indonesia Menulis Teks Tanggapan Identifikasi Informasi Teks Tanggapan Skor 1
KD3.7 LOTS Mengetahui
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal