Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Menulis Teks Eksplanasi

Soal

Pilgan

Perhatikan topik berikut!

Topik: Pasang surut air laut


Pernyataan umum yang sesuai sehingga dapat digunakan menjadi kerangka teks eksplanasi adalah ...

A

Pasang surut adalah naik atau turunnya permukaan air laut yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Terdapat tiga sumber gaya yang saling berinteraksi, yaitu laut, matahari, dan bulan. Periode pasang surut laut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. Panjang periode pasang surut 12 jam 25 menit atau 24 jam 50 menit.

B

Kegunaan dalam mengetahui pasang surut air laut adalah pengaplikasiannya dalam  transportasi perairan, kegiatan di pelabuhan, pembangunan di daerah pesisir pantai, dan lain-lain. Untuk dapat meramalkan pasang laut, diperlukan data amplitudo dan beda fase dari masing-masing komponen pembangkit pasang laut. Seperti telah disebutkan, komponen-komponen utama pasang surut terdiri dari komponen tengah harian dan harian. Namun, karena interaksinya dengan bentuk (morfologi) pantai, superposisi antar komponen pasang laut utama, dan faktor-faktor lainnya akan mengakibatkan terbentuknya komponen-komponen pasang laut yang baru.

C

Pasang surut air laut dibedakan menjadi beberapa tipe, antara lain pasang surut harian ganda, pasang surut harian tunggal, pasang surut campuran condong ke harian ganda, dan pasang surut campuran condong ke harian tunggal. Pasang surut jenis harian ganda terdapat di perairan Selat Malaka sampai ke Laut Andaman. Pasang surut jenis harian tunggal terdapat di perairan sekitar selat Karimata, antara Sumatra dan Kalimantan. Pada pasang-surut campuran condong ke harian ganda (mixed tide, prevailing semidiurnal) terjadi di sebagian besar perairan Indonesia bagian timur. Sedangkan pasang surut jenis campuran condong ke harian tunggal (mixed tide, prevailing diurnal) terdapat di pantai selatan Kalimantan dan pantai utara Jawa Barat.

D

Pasang laut disebabkan oleh gaya gravitasi dan efek sentrifugal. Efek sentrifugal adalah dorongan ke arah luar pusat rotasi (bumi). Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa tetapi berbanding terbalik terhadap jarak. Meskipun ukuran bulan lebih kecil dari Matahari, tetapi gaya gravitasi bulan dua kali lebih besar daripada gaya tarik Matahari dalam membangkitkan pasang surut laut karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak Matahari ke bumi. Gaya gravitasi menarik air laut ke arah bulan dan Matahari dan menghasilkan dua tonjolan pasang surut gravitasional di laut. Lintang dari tonjolan pasang surut ditentukan oleh deklinasi, sudut antara sumbu rotasi bumi dan bidang orbital bulan dan Matahari.

Pembahasan:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan suatu fenomena baik fenomena alam, sosial, budaya, dan sebagainya. 

Di soal ditanyakan mengenai struktur bagian pernyataan umum teks eksplanasi. Pernyataan umum adalah bagian yang berisi inti dari teks eksplanasi. Sehingga, pilihan jawaban harus mengenai pernyataan umum dari topik yang ditanyakan yaitu mengenai pasang surut air laut. Yang biasanya terdapat di dalam pernyataan umum adalah definisi sebuah topik atau membahas mengenai topik secara umum.

Sehingga, pilihan jawaban yang benar adalah pilihan jawaban berikut karena mengandung definisi pasang surut dan memaparkan pasang surut secara umum.

Pasang surut adalah naik atau turunnya permukaan air laut yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Terdapat tiga sumber gaya yang saling berinteraksi, yaitu laut, matahari, dan bulan. Periode pasang surut laut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. Panjang periode pasang surut 12 jam 25 menit atau 24 jam 50 menit.

K13 Kelas VIII Bahasa Indonesia Menulis Teks Eksplanasi Menulis Teks Eksplanasi Skor 2
KD4.10 LOTS Memahami
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal