Cermati penggalan teks eksposisi berikut!

Minat baca orang-orang di Indonesia sangat rendah. Rata-rata jumlah buku yang dibaca orang-orang di Indonesia adalah 3-4 buku per minggu dengan durasi rata-rata 30-59 menit. Berdasarkan Most Littered Nation In the World 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara lainnya yang mengikuti penilaian. Sedangkan dari Programme for International Student Assessment (PISA) oleh OECD tahun 2015, Indonesia menempati peringkat 69 dari 76 negara, dengan skor membaca di bawah rata-rata.

(Sumber: riri.id, dengan penyesuaian)


Jenis paragraf di atas menggunakan pola pengembangan paragraf jenis paragraf ....

A

deduktif

B

induktif

C

campuran

D

analogi

Pembahasan:

Apabila kita cermati paragraf tersebut, kalimat pertama dalam paragraf tersebut merupakan kalimat utama. Kalimat utama tersebut membicarakan tentang minat baca penduduk Indonesia yang masih rendah. Kalimat utama ini disampaikan secara umum, tanpa keterangan maupun data. Selanjutnya, kalimat ini disambung dengan kalimat-kalimat penjelas seperti memberikan data mengenai rata-rata durasi dan banyaknya buku yang dibaca orang Indonesia per minggu. Selain itu, penulis juga menyertakan data peringkat Indonesia dibandingkan negara lain di dunia dalam bidang peminatan membaca ini.

Sehingga, pola ini dikembangkan dengan posisi gagasan utama (utama) di awal lalu diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas (khusus) yang disertai data-data yang sesuai. Pola seperti ini merupakan pola pengembangan paragraf jenis paragraf deduktif.

Dari analisis tersebut, maka jenis paragraf di atas menggunakan pola pengembangan paragraf jenis paragraf deduktif.

Selain jenis paragraf deduktif, pola pengembangan paragraf teks eksposisi lainnya, antara lain:

  1. Pola paragraf khusus-umum (paragraf induktif) → Pola ini dikembangkan dengan posisi kalimat-kalimat penjelas (khusus) yang disertai fakta, bukti, atau contoh pendukung di awal lalu disimpulkan dengan gagasan utama (umum) yang terletak di akhir.
  2. Pola paragraf campuran → Pola pengembangan ini menggunakan kalimat yang mengandung gagasan utama di awal dan akhir paragraf. Di tengah-tengahnya terdapat kalimat penjelas. Namun, kalimat yang terletak di akhir paragraf merupakan jenis kalimat penegasan, bukan pengulangan.
Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Eksposisi Unsur-unsur Teks Eksposisi KD3.5
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.364 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini