Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Unsur-unsur Teks Eksposisi

Soal

Pilgan

Perhatikan teks berikut!

Bahaya Mengonsumsi Kopi secara Berlebihan bagi Kesehatan

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi tubuh. Walaupun beberapa penelitian mengatakan bahwa kopi memiliki manfaat bagi kesehatan, bukan berarti kita bisa menikmatinya sesuka hati. Terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat membawa efek negatif bagi tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi atau kafein dalam sehari tidak boleh lebih dari 400 mg atau dua cangkir. Konsumsi kopi secara berlebihan dikhawatirkan akan memicu beberapa masalah kesehatan seperti jantung berdetak kencang, menyebabkan osteoporosis dan melemahnya tulang. Selain itu, konsumsi kopi berlebih menyebabkan diare, meningkatnya asam lambung, menyebabkan sindrom iritasi pada usus, dan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Kopi memang nikmat diminum dalam kondisi apa pun, terutama saat udara dingin atau saat sedang ngantuk. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi kopi secara berlebihan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

(Sumber: https://www.alodokter.com, dengan penyesuaian)


Teks di atas termasuk dalam teks ....

A

eksposisi

B

berita

C

cerita pendek

D

fabel

Pembahasan:

Menentukan jenis teks dapat dilihat dari struktur pembentuk teks tersebut.

Bagian judul menunjukkan mengenai isi dari teks tersebut secara keseluruhan, yaitu mengenai bahaya mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Paragraf pertama menunjukkan mengenai gagasan penulis mengenai bahaya mengonsumsi kopi secara berlebihan bagi kesehatan.

Paragraf kedua menunjukkan argumentasi penulis yang mendukung gagasannya mengenai bahaya mengonsumsi kopi secara berlebihan bagi kesehatan. Di paragraf ini, penulis menjelaskan efek yang terjadi pada tubuh ketika mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Di paragraf ketiga, penulis menegaskan ulang bahwa konsumsi kopi secara berlebihan membawa dampak buruk bagi tubuh.

Dari paparan di atas, struktur yang kita dapatkan adalah judul, gagasan, argumentasi, penegasan ulang. Teks yang memiliki struktur seperti ini adalah teks eksposisi. Teks eksposisi adalah teks yang berisi paparan suatu masalah yang bersifat penting.

K13 Kelas VIII Bahasa Indonesia Menulis Teks Eksposisi Unsur-unsur Teks Eksposisi Skor 1
KD3.5 LOTS Mengetahui
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal