Bank Soal Biologi SMA Objek dan Permasalahan Biologi

Soal

Pilgan

Penyebaran penyakit COVID-19 dari satu orang ke orang lain merupakan permasalahan biologi pada tingkat ....

A

organ

B

sistem organ

C

individu

D

populasi

E

komunitas

Pembahasan:

Permasalahan biologi mencakup semua tingkat kehidupan mulai dari molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme/ individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.

Salah satunya pada tingkat populasi. Populasi adalah interaksi antar individu sejenis di suatu lingkungan tertentu. Contohnya permasalahan biologi pada tingkat populasi adalah penyebaran penyakit COVID-19. Penyakit ini menular di antara populasi manusia melalui droplet saat batuk atau bersin dan masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut, atau mata.

Jadi, penyebaran penyakit COVID-19 dari satu orang ke orang lain merupakan permasalahan biologi pada tingkat populasi.


*Organ adalah interaksi antar jaringan yang mempunyai fungsi tertentu. Contohnya jantung, paru-paru, hati, lambung, telinga, dan hidung. Permasalahan biologi pada tingkat organ misalnya gastritis yaitu gangguan pada organ lambung.

*Sistem organ adalah interaksi antar organ yang menjalankan fungsi tertentu. Contoh pada manusia yaitu sistem peredaran darah, sistem pencernaan makanan, sistem ekskresi. Permasalahan biologi pada tingkat sistem organ misalnya gangguan bernapas akibat penyempitan saluran napas pada penderita asfiksia.

*Individu adalah interaksi antar sistem organ yang membentuk satu tubuh makhluk hidup. Contoh seorang manusia. Permasalahan biologi pada tingkat individu misalnya seorang penderita pneumonia yang menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan menurun fungsinya.

*Komunitas adalah interaksi antar populasi di suatu lingkungan tertentu. Permasalahan biologi pada tingkat komunitas misalnya populasi ular sawah berpengaruh terhadap populasi tikus sawah.

K13 Kelas X Biologi Biologi Ruang Lingkup Biologi Objek dan Permasalahan Biologi Skor 2
LOTS Memahami
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal