Bank Soal IPS SD Menghargai Perjuangan Pahlawan

Soal

Pilgan

Perjuangan para pahlawan dulu salah satunya mengajarkan sikap nasionalisme. Cara untuk meningkatkan sikap nasionalisme adalah ....

A

bangga menggunakan barang-barang dalam negeri

B

belajar berbagai macam bahasa asing

C

lebih menyukai barang-barang impor

D

bangga melestarikan budaya tradisional

Pembahasan:

Secara sederhana nasionalisme adalah cinta dan setia pada negara. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa cinta dan setia pada bangsa adalah dengan bangga menggunakan barang-barang dalam negeri, sehingga barang-barang dalam negeri tidak kalah saing dengan barang-barang dari luar negeri/ barang-barang impor. Jika bangsa Indonesia lebih menyukai barang-barang dalam negeri daripada barang-barang dari luar negeri, maka bangsa indonesia akan semakin maju dan sejahtera.

Sayangnya saat ini banyak orang yang lebih bangga dan menyukai barang-barang impor. Mereka menganggap barang-barang impor lebih "keren" dibanding barang-barang dari dalam negeri. Padahal sebenarnya barang-barang dalam negeri kualitasnya tidak kalah dangan barang-barang impor. Bahkan tidak jarang barang dari dalam negeri kualitasnya lebih baik dari barang impor. Sikap-sikap seperti ini yang harus dijauhi.

Belajar banyak bahasa asing bukan hal yang tidak baik. Untuk meningkatkan sikap nasionalisme kita tidak hanya belajar banyak bahasa asing, namun juga tetap belajar bahasa bangsa sendiri yaitu bahasa Indonesia. Jika tidak, kita akan lebih bangga dan lebih sering menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia. Hal tersebut tentu tidak mencerminkan sikap cinta dan setia pada negara.

Melestarikan budaya tradisional adalah sikap yang baik, namun tetap perlu disertai sikap nasionalisme. Jika tidak setiap orang menganggap bahwa budayanya lebih baik daripada budaya lain. Hal tersebut dapat mengakibatkan pertengkaran dan perpecahan. Sehingga tidak akan menciptakan sikap nasionalisme.

Kesimpulannya cara untuk meningkatkan sikap nasionalisme adalah dengan bangga menggunakan barang-barang dalam negeri sendiri.

K13 Kelas V IPS Sejarah Perjuangan Melawan Penjajah Menghargai Perjuangan Pahlawan Skor 3
LOTS Mengaplikasikan
Video
03 Mei 2020
Menghargai Keragaman | IPS | Kelas IV
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal