Anak-anak, kalau kita membuang sampah sembarangan, lingkungan sekolah menjadi kotor. Lingkungan yang kotor dapat menjadi sumber penyakit. [....]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ... (USBN 2018/2019)

A

Untuk itu, mari kita hindari lingkungan yang kotor!

B

Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya!

C

Maka dari itu, marilah kita jaga kesehatan diri kita!

D

Oleh sebab itu, jauhkan diri kita dari sumber penyakit!

Pembahasan:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato ialah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Kata-kata tersebut disusun dengan padu dengan tujuan pembaca/pendengar dapat memahami isi yang terkandung dalam sebuah pidato. Tentunya, setiap kalimat yang ada dalam pidato saling berkaitan. Untuk menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato, dapat kita perhatikan kalimat sebelum dan sesudahnya.

Pidato tersebut menyampaikan bahwa lingkungan akan kotor dan menjadi sumber penyakit jika kita membuang sampah sembarangan. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah "Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya!"

Masukkan kalimat ini ke dalam teks dan perhatikan bahwa sekarang rangkaian kalimatnya saling berkaitan dan padu.

Anak-anak, kalau kita membuang sampah sembarangan, lingkungan sekolah menjadi kotor. Lingkungan yang kotor dapat menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya!

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 35.010 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini