Perhatikan teks berikut ini!

Penggunaan Internet Bagi Pelajar

Hampir semua orang sudah mengenal dan merasakan manfaat dari internet, termasuk pelajar. Manfaat penggunaan internet bagi pelajar adalah mempermudah mencari materi pelajaran, data untuk penelitian dan berita yang sedang terjadi dalam masyarakat. Berbagai manfaat tersebut memunculkan pendapat yang memperbolehkan pelajar untuk menggunakan internet .

Namun, ternyata internet tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif yang tidak bisa dianggap remeh. Dampak negatif muncul karena pelajar melakukan penyalahgunaan internet, seperti mengakses film porno, bermain game online terlalu lama dan bermain sosial media tanpa batas. Penyalahgunaan internet tersebut mampu membuat para pelajar menjadi malas dan tidak fokus belajar di sekolah serta mempermudah mereka meniru perilaku-perilaku yang tidak terpuji. Berbagai penyalahgunaan dan dampak buruk tersebut memunculkan pendapat yang tidak memperbolehkan pelajar untuk menggunakan internet .

Jalan tengah yang bisa diambil dari perbedaan kedua pendapat tersebut adalah memperbolehkan pelajar menggunakan internet dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Contohnya, di rumah anak hanya boleh menggunakan internet saat ada orang tua yang mengawasi. Di sekolah, pelajar hanya boleh menggunakan internet untuk mengerjakan tugas atau kegiatan pembelajaran. Jika syarat tersebut dilanggar, orang tua dan guru harus memberikan sanksi yang tegas.

(Sumber: ekopolitan.com, dengan penyesuaian)

Rekomendasi yang disebutkan dalam teks di atas adalah ....

A

memperbolehkan pelajar menggunakan internet dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi

B

internet tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif yang tidak bisa dianggap remeh

C

internet hanya boleh digunakan guru untuk mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah

D

anak boleh menggunakan internet di rumah jika diawasi oleh guru dari sekolah

Pembahasan:

Untuk mengetahui rekomendasi yang diberikan dalam teks diskusi di atas, kita harus membaca teks dengan cermat.

Bagian rekomendasi dalam teks diskusi di atas terdapat pada paragraf ketiga. Menurut paragraf ketiga, rekomendasi yang diberikan adalah memperbolehkan pelajar menggunakan internet dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu harusi diawasi orang tua atau guru ketika menggunakan internet.

Jadi, rekomendasi yang disebutkan dalam teks di atas adalah memperbolehkan pelajar menggunakan internet dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Teks Diskusi Menggali Informasi Teks Diskusi
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.253 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini