Bank Soal Biologi SMA Gangguan Sistem Respirasi Manusia

Soal

Pilgan

Polutan yang dalam konsentrasi tinggi dapat menghalangi alveoli, serta berperan pada pembentukan kabut asap, adalah ....

A

ozon

B

nitrogen dioksida

C

sulfur dioksida

D

amonia

E

natrium klorida

Pembahasan:

Ozon yang ada di atmosfer berfungsi sebagai tabir surya alami yang menghalangi sinar ultraviolet yang berbahaya. Konsentrasi ozon yang tinggi di tanah, yang terbentuk ketika cahaya matahari memicu reaksi kimia antara unsur-unsur polusi, sangat beracun dan dapat merusak vegetasi serta ekosistem. Ozon (O3) yang bereaksi dengan nitrogen oksida dan polutan dengan adanya sinar matahari dapat membentuk kabut asap.

Berbeda dengan dua atom oksigen (O2) yang sangat diperlukan untuk kehidupan, tiga atom oksigen (O3) yang menyusun ozon dapat membuat tumbuhan dan hewan seperti tercekik ketika menghirupnya. Pada manusia, ozon dapat merusak jaringan paru-paru. Paparan ozon dalam jangka panjang dapat menyebabkan perkembangan paru-paru yang tidak normal pada anak-anak. Ozon akan melapisi dan menghalangi alveoli di paru-paru sehingga memperparah masalah pernapasan, seperti sesak napas, serangan asma, dan batuk.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah ozon.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal