Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menulis Teks Laporan

Soal

Pilgan

Bacalah laporan berikut!

Pada hari Senin, 17 Juli 2019, pukul 12:00 hingga 13:00 WIB siswa kelas V SD Harapan 1 melakukan pengamatan di perpustakaan sekolah. Para siswa mengamati jumlah dan kebiasaan pengunjung yang datang ke perpustakaan. Dari pengamatan yang dilakukan, ada 30 siswa perempuan dan 12 laki-laki yang datang. Kebanyakan siswa perempuan membaca berbagai jenis buku, sedangkan siswa laki-laki membaca buku pelajaran. [...]

Simpulan yang tepat untuk melengkapi teks di atas agar menjadi laporan yang padu adalah ...

A

Dapat disimpulkan kalau lebih sedikit siswa perempuan yang datang ke perpustakaan dibandingkan dengan siswa laki-laki.

B

Berdasarkan pengamatan, ternyata siswa laki-laki dan perempuan mempunyai minat baca yang mirip, yaitu buku-buku berjenis pelajaran.

C

Dapat disimpulkan kalau lebih banyak siswa perempuan yang datang ke perpustakaan daripada siswa laki-laki dengan minat baca yang berbeda.

D

Melihat banyaknya kunjungan siswa laki-laki, dapat disimpulkan kalau minat baca siswa laki-laki lebih tinggi dari siswa perempuan.

Pembahasan:

Berdasarkan teks laporan hasil pengamatan di atas dapat diketahui bahwa pengunjung perpustakaan lebih banyak siswa perempuan (30 orang) dibandingkan dengan siswa laki-laki (12 orang).

Maka pilihan jawaban yang tepat adalah "Dapat disimpulkan kalau lebih banyak siswa perempuan yang datang ke perpustakaan daripada siswa laki-laki dengan minat baca yang berbeda.".

Dapat kita tulis ulang teks laporan hasil pengamatan secara keseluruhan untuk memastikan bahwa teks laporannya padu.

Pada hari Senin, 17 Juli 2019, siswa kelas V SD Harapan 1 melakukan pengamatan di perpustakaan. Para siswa mengamati pengunjung yang datang ke perpustakaan. Dari pengamatan yang dilakukan, ada 30 siswa perempuan dan 12 laki-laki yang datang. Kebanyakan siswa perempuan membaca berbagai jenis buku, sedangkan siswa laki-laki membaca buku pelajaran. Dapat disimpulkan kalau lebih banyak siswa perempuan yang datang ke perpustakaan daripada siswa laki-laki dengan minat baca yang berbeda.
K13 Kelas VI Bahasa Indonesia Menulis Teks Laporan Hasil Pengamatan Menulis Teks Laporan Skor 2
LOTS
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal