Bank Soal IPA SMP Teknologi Tidak Ramah Lingkungan

Soal

Pilgan

Heavy crude oil adalah minyak yang ditemukan terkandung pada bebatuan atau pasir minyak. Di bawah ini nomor yang tepat menunjukkan tahapan pemanfaatannya sebelum akhirnya diolah menjadi berbagai produk minyak olahan secara urut adalah ….

1- Penggalian dan pengangkutan

2- Distilasi kilang minyak

3- Penggundulan hutan

4- Pencampuran air panas

5- Fermentasi bakteri

6- Pengeringan air permukaan dan air tanah

A

6 – 1 – 4 – 2 – 5 

B

1 – 6 – 3 – 5 – 4 

C

3 – 6 – 1 – 4 – 2 

D

6 – 1 – 4 – 5 – 2 

Pembahasan:

Minyak bumi secara umum dapat dibedakan menjadi minyak mentah ringan (light crude oil) dan minyak mentah berat (heavy crude oil). Light crude oil terbentuk dari makhluk hidup yang telah mati dan terjebak dalam sebuah ruangan bebatuan di dalam tanah atau di dasar laut selama jutaan tahun yang lalu. Sedangkan heavy crude oil merupakan sisa atau residu pembentukan light crude oil yang masuk ke pori-pori bebatuan sehingga terjebak dan kehilangan sifatnya sebagai light crude oil akibat penguapan dan degradasi oleh bakteri.

Sebagai fosil, upaya untuk memperoleh minyak bumi tidaklah mudah dan tak jarang merusak lingkungan. Sebelum menambang heavy crude oil, lokasi tanah di mana minyak bumi ditemukan harus terlebih dulu digundulkan dari tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh di atasnya. Aliran air tanah dan air permukaan juga dikeringkan. Tanah kemudian digali hingga sangat dalam, timbunan tanah berpasir, bebatuan, dan tanah lempung diambil hingga bebatuan dan pasir minyak dapat terlihat. Bebatuan dan pasir minyak tersebut selanjutnya diangkut, dan dicampurkan dengan air panas untuk diambil kandungan minyaknya. Terakhir, diolah dengan teknologi penyulingan atau distilasi guna menghasilkan berbagai produk olahan minyak, seperti bensin, gas LPG, avtur, aspal, dan lain sebagainya.

Urutan pemrosesan:

  • Penggundulan hutan
  • Pengeringan aliran air
  • Penggalian dan pengangkutan
  • Pencampuran air panas
  • Penyulingan/distilasi pada kilang minyak


Jadi, tahapan pemrosesan heavy crude oil untuk dapat diolah menjadi produk minyak bumi yang tepat ditunjukkan pada nomor 3 – 6 – 1 – 4 – 2.


NOTE:

Fermentasi bakteri bukan merupakan bagian tahapan pengolahan/pemanfaatan heavy crude oil sebagai minyak bumi. Fermentasi bakteri digunakan pada proses pembentukan biogas dari sampah atau limbah organik peternakan dan rumah tangga.

K13 Kelas IX IPA Fisika Teknologi Ramah Lingkungan Teknologi Tidak Ramah Lingkungan Skor 3
Mengaplikasikan LOTS
Video
16 Maret 2020
Alat-Alat Optik | IPA | Kelas IV
Rangkuman
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal