Baca teks berikut ini dengan cermat.

Batik

Batik merupakan kerajinan tangan khas Indonesia yang masih terjaga dan populer sampai sekarang. Batik paling banyak digunakan untuk membuat pakaian. Batik masih banyak diproduksi dan digunakan di kalangan masyarakat Jawa.

Saat ini ada banyak jenis batik. Berdasarkan teknik pembuatannya, ada batik tulis, batik cap, dan batik print. Batik tulis adalah batik yang motifnya atau gambarnya dibuat secara manual atau menggunakan tangan. Batik cap adalah batik yang motifnya dibuat menggunakan alat cap yang terbuat dari tembaga. Batik print adalah batik yang dibuat dengan alat berupa mesin print.

Tahapan membuat batik tulis membutuhkan proses yang lama. Pertama, pembatik menggambar motif kain menggunakan tangan. Setelah itu, motif yang telah digambar tersebut dicanting. Proses mencanting menggunakan alat berupa canting dan malam sebagai bahannya. Setelah proses mencanting selesai, baru kemudian dilakukan proses pewarnaan.

Sampai sekarang, batik masih sering digunakan, terutama dalam acara resmi atau acara penting. Orang mengenakan batik agar terlihat rapi dan berwibawa. Batik yang paling elite adalah batik tulis. Proses pengerjaannya yang lama dan menggunakan tangan membuat batik tulis memiliki harga jual yang mahal.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ...

Ayo berlangganan premium untuk membaca lengkap soal ini dan banyak soal lainnya!
Lihat
Bahasa Indonesia Kelas 6 Membaca Teks Eksplanasi Ilmiah Menyajikan Isi Teks Level 3 Memahami Teks Memahami Sosial Budaya Informasi AKM KD3.2
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.080 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini