Deforestasi Hutan

Deforestasi adalah penebangan atau penggundulan hutan yang dilakukan untuk mengubah fungsi hutan menjadi fungsi lain, seperti pertanian, peternakan, hingga permukiman. Penyempitan lahan hutan di dunia setiap tahunnya mengalami kenaikan. Deforestasi secara global diperkirakan mencapai dua belas hingga lima belas juta hektare setiap tahunnya. Apabila deforestasi ini dibiarkan, diperkirakan dalam jangka waktu seratus tahun, hutan akan lenyap dari muka bumi.

Laju deforestasi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Tiga hal utamanya adalah kebutuhan manusia akan lahan untuk permukiman, kebutuhan manusia akan bahan pangan yang makin tinggi, dan kebutuhan manusia akan produk kayu. Populasi manusia tidak bisa dipungkiri setiap saat bertambah sehingga memengaruhi tuntutan manusia terhadap kebutuhan lahan tempat tinggal serta kebutuhan bahan pangan. Selain itu, kegiatan industri kayu yang makin besar membuat penebangan hutan tidak terelakkan.

Selain faktor kebutuhan manusia, kejadian alam, seperti radiasi matahari, juga bisa menyebabkan kebakaran hutan dan mempercepat laju deforestasi yang terjadi. Kerugian yang ditimbulkan akibat deforestasi, di antaranya, hilangnya plasma nutfah (flora dan fauna yang masih membawa sifat genetik asli) dan ancaman langsung bagi manusia, seperti gangguan kesehatan, korban jiwa, dan kerugian harta benda.

(Sumber: foresteract.com, bulelengkab.go.id, cnnindonesia.com, dengan penyesuaian)

Di akhir bacaan, disebut bahwa hilangnya plasma nutfah merupakan sebuah kerugian. Siapa yang dirugikan dan mengapa demikian?

Ayo berlangganan premium untuk membaca lengkap soal ini dan banyak soal lainnya!
Lihat
Bahasa Indonesia Kelas 6 Membaca Teks Eksplanasi Ilmiah Menjelaskan Teks Eksplanasi Ilmiah KD3.2
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.786 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini