Kisah Penakluk Rajawali - Cerita Rakyat Sulawesi Selatan

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang raja di Sulawesi Selatan yang memiliki tujuh orang putri. Menurut legenda, salah satunya harus dipersembahkan kepada Rajawali Raksasa. Jika tidak, keluarga istana akan terkena malapetaka. Raja tidak ingin kehilangan salah seorang putrinya. Ia lalu mengadakan sayembara. Jika ada laki-laki yang berhasil menaklukkan Rajawali, dinikahkanlah ia dengan salah satu putrinya. Jika perempuan, diangkatlah ia menjadi anggota keluarga kerajaan.

Hari penyerahan persembahan kepada Rajawali Raksasa pun tiba. Penduduk berbondong-bondong datang untuk menyelamatkan putri kerajaan. Namun, tidak ada seorang pun yang mampu mengalahkan Rajawali Raksasa. Rajawali Raksasa terbang mendekat dan hendak memakan salah seorang putri. Tiba-tiba, datanglah seorang pemuda dengan membawa seutas tali dan badik (pisau khas Sulawesi Selatan). Ia sukses membunuh Rajawali dan menyelamatkan putri tersebut. Sang Pemuda langsung pergi dan tidak meminta imbalan.

Raja kembali mengadakan sayembara untuk menemukan sang Penakluk Rajawali. Sayangnya, banyak yang mengaku-ngaku telah menyelamatkan sang Putri. Untungnya, sang Putri masih mengenali wajah pemuda yang menyelamatkannya. Sang Putri tiba-tiba menunjuk seorang pemuda yang berada di tengah kerumunan arena lomba. Raja mendekati pemuda tersebut dan bertanya mengapa ia tak menagih imbalannya. Pemuda itu berkata kalau ia tulus menyelamatkan sang Putri. Sang Pemuda hanya mau dinikahkan jika sang Putri memang bersedia. Sang Putri lalu mengatakan kalau ia telah menyukai pemuda itu sejak awal bertemu. Akhirnya, keduanya menikah dan hidup bahagia.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Di dalam cerita tersebut diketahui bahwa Penakluk Rajawali menyelamatkan sang Putri dengan tulus. Sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mirip dengan sikap Penakluk Rajawali adalah ....

Ayo berlangganan premium untuk membaca lengkap soal ini dan banyak soal lainnya!
Lihat
Bahasa Indonesia Kelas 6 Membaca Teks Fiksi - Mengaitkan dengan Pengalaman Pribadi Mengaitkan dengan Pengalaman Pribadi Level 3 Merefleksi Teks Mengevaluasi dan Merefleksi Personal Sastra Literasi AKM KD3.10
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.129 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini