Perhatikan gambar bagan berikut ini!
Elia sedang mengamati berbagai proses perubahan wujud benda. Hasil pengamatan Elia digambarkan dalam bagan berikut.
Nomor 3 menggambarkan proses perubahan wujud benda yang disebut ....
A
mengembun
B
menguap
C
mencair
Pembahasan:
Hasil pengamatan Elia digambarkan dalam bagan berikut.
*Tanda panah warna merah → benda menerima atau menyerap panas sehingga terjadi kenaikan suhu.
*Tanda panah warna biru → benda melepas panas sehingga terjadi penurunan suhu.
Penjelasan:
- Nomor 1 menggambarkan proses perubahan wujud benda cair menjadi benda padat yang disebut membeku.
- Nomor 2 menggambarkan proses perubahan wujud benda padat menjadi benda cair yang disebut mencair.
- Nomor 3 menggambarkan proses perubahan wujud benda cair menjadi benda gas yang disebut menguap.
- Nomor 4 menggambarkan proses perubahan wujud benda gas menjadi benda cair yang disebut mengembun.
- Nomor 5 menggambarkan proses perubahan wujud benda padat menjadi benda gas yang disebut menyublim.
- Nomor 6 menggambarkan proses perubahan wujud benda gas menjadi benda padat yang disebut mengkristal.
Jadi, nomor 3 menggambarkan proses perubahan wujud benda yang disebut menguap.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 43.974 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Melisa, Siswa SD Berprestasi Meski Menulis Hanya Menggunakan Kaki
Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Melisa duduk di kelas 8. Ia bercita-cita menjadi guru. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.
Melisa mengikuti pelajaran di sekolah bersama teman-temannya seperti biasa. Namun saat menulis di buku tulis, dia menggunakan jari kaki. Oleh sekolah, meja khusus dia menulis dibuat lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di papan tulis untuk mengerjakan tugas dari guru, ia juga menggunakan kaki. Kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Meski menggunakan kaki sejak lahir, tulisan Melisa rapi.
Meskipun memiliki keterbatasan fisik, Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun dia baca. (1) Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.
(2) Menurut Tri Adi Nurfeni, guru Bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang bagus. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. (3) Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggi, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. (4) Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa.
Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat menghilangkan keterbatasan-keterbatasan itu tadi.
(Sumber: Kompas.com, dengan penyesuaian)
Kalimat yang menunjukan sikap empati yaitu ....
Hasil dari:
Hasil dari adalah ....
Yang saya hormati Bapak Ibu kepala direktur,
serta rekan-rekan yang saya banggakan,
Bagian teks di atas termasuk dalam struktur ....
Berdasarkan tokoh ceritanya, teks inspiratif dibagi menjadi beberapa jenis. Cerita yang mengisahkan pengalaman hidup seorang ahli agama adalah ....