Tawuran Pelajar

Tawuran pelajar adalah perkelahian massal (ramai-ramai) yang dilakukan oleh sekelompok pelajar. Aksi ini pada umumnya dilakukan setelah jam pulang sekolah. Ada beberapa aksi yang diketahui merupakan ajaran dari pelajar yang lebih senior. Tawuran pelajar biasanya dilakukan oleh pelajar jenjang SMP hingga SMA.

Faktor penyebab terjadinya tawuran pelajar antargeng ataupun antarsekolah bisanya adalah hal-hal yang sepele. Misalnya, berawal dari tatapan yang dianggap menantang dan kemarahan akibat pertandingan atau menonton konser. Hal tersebut bisa menyebabkan tawuran karena pelajar masih dalam masa remaja dan mencari jati diri. Banyak yang kemudian menjadikannya tantangan untuk membuktikan bahwa diri mereka mampu mengalahkan orang lain. Selain faktor-faktor tersebut, ada faktor lain yang memicu terjadinya tawuran. Salah satunya adalah karena melihat adegan kekerasan yang dilakukan oleh orang dewasa, baik secara langsung maupun melalui media elektronik.

Kasus tawuran dapat memicu terjadinya perselisihan berkepanjangan antarsesama pelajar. Tawuran juga dapat membentuk pribadi seorang pelajar menjadi remaja yang berkepribadian keras, mudah stres, dan penuh tekanan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya tawuran pelajar. Pertama, mendorong pelajar untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. Kedua, memberikan bimbingan agama dan moral kepada pelajar dengan baik. Ketiga, pihak sekolah menjalin komunikasi dengan pelajar untuk bersama-sama mengembangkan kemampuan berpikir pelajar.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Pada paragraf pertama di atas, kata penghubung urutan waktu terdapat pada kalimat ke- ....

A

4

B

1

C

2

D

3

Pembahasan:

Contoh kata penghubung urutan waktu adalah kemudian, lalu, sebelum, dan sesudah.

Sekarang, mari kita cermati kalimat kedua paragraf pertama.

Aksi ini pada umumnya dilakukan setelah jam pulang sekolah.  

Pada kalimat tersebut terdapat kata setelah. Jadi, kata penghubung urutan waktu terdapat pada kalimat ke-2.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Teks Eksplanasi Struktur Teks Eksplanasi KD3.3
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.890 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini